Aug 15, 2017

# RyuJunYeol # SongKangHo

Presiden Korea Selatan, Moon Jae In, nonton film "A Taxi Driver" yang dibintangi Song Kang Ho dan Ryu Jun Yeol


Pada hari Minggu 13 Agustus, Presiden Moon Jae In menonton film "A Taxi Driver," sebuah film tentang pergerakan pro-demokrasi yang terjadi pada tahun 1980 di Gwangju.

Film yang dirilis bulan Agustus ini diangkat dari kisah nyata tentang seorang supir taksi yang membawa penumpang bernama Jurgen Hinzpeter, seorang jurnalis dari Jerman. Moon Jae In menonton film ini bersama dengan Edeltraut Brahmstaedt, istri Hinzpeter, beserta keluarga.

Pada Mei 1980, masyarakat di daerah selatan bergerak melawan junta militer yang dipimpin oleh Chun Doo Hwan, Jenderal Angkatan Darat, yang mengambil alih kekuasaan melalui kudeta setelah pendahulunya Presiden Park Chung-hee dibunuh.

baca juga : Hobi ngedance, ternyata Park Min Young suka lagu-lagu milik TWICE dan GFRIEND

Pasukan operasi khusus menindak aksi protes warga yang menyebabkan ratusan orang meninggal atau hilang.

Menurut perwakilan kantor presiden, Moon Jae In mengatakan kepada Brahmstaedt bahwa sebagian besar masyarakat Korea Selatan tidak menyadari apa yang terjadi di Gwangju karena pemerintah mengecam  media dan bahwa banyak wartawan yang mencoba melaporkannya dipecat selama masa pemerintahan otoriter.



"Kami bisa mengetahui kebenarannya berkat suami anda" kata Moon Jae In.

Brahmstaedt mengatakan bahwa suaminya pasti sangat senang dengan film tentang Gwangju ini, yang merupakan bagian besar dari hidupnya. "Film ini menunjukkan bagaimana upaya wartawan asing berkontribusi pada demokratisasi Korea," kata seorang pejabat kepresidenan. "(Presiden) melihat film tersebut untuk menghormati Hinzpeter sehubungan dengan apa yang dia lakukan untuk negara tersebut."

Hinzpeter, yang meninggal Mei tahun lalu, adalah satu dari sedikit wartawan asing yang mengekspos kekerasan militer terhadap warga negara. Atas kehendak Hinzpeter, sebagian tubuhnya telah diabadikan di sebuah pemakaman khusus yang didedikasikan untuk para korban di Gwangju.

Saat ini film "A Taxi Driver" telah disaksikan oleh lebih dari 8 juta penonton.

source. (1)


No comments:

Post a Comment