Oct 1, 2017

# K-Drama # MANHOLE

REVIEW DRAMA KOREA : MANHOLE


Setelah hiatus karena wajib militer selama 2 tahun, penyanyi sekaligus aktor Kim Jaejoong kembali ke dunia akting dengan drama "Manhole". Drama ini bertema time-travel, namun tak seperti drama time-travel pada umumnya, time-travel di drama "Manhole" memiliki efek butterfly, yaitu apa yang diubah dimasa lalu akan mampu mengubah apa yang terjadi di masa depan.

Jujur aja, perolehan rating drama ini memang bisa dibilang cukup mengejutkan. Awalnya aku juga sampai ga percaya jika drama yang tayang di waktu prime time dan di stasiun televisi nasional ini bisa memperoleh rating dengan kisaran angka 2%. Menurutku, ide cerita drama "Manhole" ini sebenarnya cukup bagus lho. Ada yang pernah nonton film barat berjudul "Butterfly Effect" yang dibintangi sama Ashton Kutcher? Nah, ide cerita drama ini mirip dengan film tersebut. 

Drama fantasi memang agak riskan, jika ide ceritanya bagus namun tidak ditulis dan digarap dengan apik, maka bisa berujung pada kegagalan. Pernah diberitakan juga bahwa sutradara drama ini meminta agar penulis naskahnya diganti, namun KBS tidak menggantinya namun menambah penulis drama untuk pengembangan cerita yang lebih baik.

Namun....
Terlepas dari masalah rating dan tetek bengeknya, jujur aja aku termasuk penonton setia drama ini dan ngikutin drama ini tiap minggunya. Bukan hanya karena pemainnya Kim Jaejoong (yang sering banget dinobatkan jadi "best visual shock" oleh pecinta Kpop) namun karena aku dibuat penasaran, akan menjadi apa, bagaimana dan ditahun berapa Jaejoong bertime-travel di episode berikutnya! Okelah untuk episode awal mungkin memang sedikit membingungkan, namun episode-episode selanjutnya menurutku seru juga.

 Storyline


Bong Pil (diperankan Kim Jaejoong) adalah seorang pria yang tidak punya kelebihan apa-apa dan tidak punya sesuatu yang dapat dibanggakan dalam hidupnya. Ia pengangguran dan kerjaannya hanya bikin onar di kampungnya. Bahkan orangtuanya sudah tidak mengakuinya lagi sebagai anak. Ia sedang sibuk mempersiapkan ujian untuk tes menjadi seorang polisi, namun semua fokusnya mendadak buyar saat ia mengetahui bahwa wanita yang ia cintai selama 28 tahun akan menikah dalam waktu seminggu lagi.


Sujin (diperankan oleh UEE) adalah wanita yang dicintai oleh Bong Pil selama 28 tahun tersebut. Sujin berprofesi sebagai seorang fotografer. Rumah Sujin tepat berada di sebelah rumah Bong Pil. Sujin dan Bong Pil bahkan dilahirkan di rumah sakit yang sama, dan usia mereka hanya terpaut 3 hari. Mereka telah mengenal satu sama lain sejak kecil. Namun Bong Pil telah cukup membawa masalah dalam hidup Sujin, bahkan Sujin sampai pernah dibawa ke kantor polisi gara-gara Bong Pil menyalakan kembang api untuk memberi kejutan pada Sujin di hari ulang tahunnya.

Walau Bong Pil telah mencintai Sujin sejak mereka masih kecil, namun tak pernah sekalipun Bong Pil bisa mengutarakan isi hatinya pada Sujin. Setiap kali ia ingin mengungkapkan rasa cintanya, kata "Saranghae" itu tak pernah bisa terucap dari mulut Bongpil. Diceritakan bahwa Bong Pil selalu memiliki start yang terlambat dalam segala hal, saat ia masih balita ia terlambat bicara, bahkan saat ia remaja pun ia juga selalu terlambat dalam memulai start saat lomba lari. Selain itu sepertinya Bong Pil juga memiliki trauma dari masa kecilnya, saat kecil ia pernah mengutarakan rasa sukanya pada Sujin namun dengan cara yang memalukan, akhirnya Sujin kecil menampar Bong Pil kecil, dan sejak saat itu Bong Pil tidak pernah punya keberanian lagi untuk mengungkapkan rasa cintanya.


Saat mengetahui bahwa Sujin akan menikah dengan seorang apoteker bernama Jaehyun (diperankan Jang Mikwan) dalam waktu seminggu lagi, sikap Bong Pil seperti orang gila. Ia minum gingseng bikinan ayahnya lalu mabuk dan membuat kerusuhan didepan rumah Sujin saat keluarga Jaehyun berkunjung kerumah Sujin. Ia bahkan kesana-kemari tak tentu arah seperti pria bodoh yang tak tahu harus bagaimana. Ibarat hidup segan mati tak mau. Ia bertanya pada teman-temannya, adakah cara untuk menghentikan pernikahan Sujin? Namun respon dari teman-temannya justru makin membuat ia tidak tenang. 

Di sisi lain, walaupun akan segera menikah dengan seorang pria tampan, mapan dan baik, sepertinya ada sebuah perasaan yang tersimpan di benak Sujin. Ya tentu saja, wanita mana yang tidak kepikiran pada pria yang telah mencintainya selama bertahun-tahun, namun ia merasa seperti menjalani hal yang sia-sia dengan menunggu Bong Pil untuk mengucapkan kata "Saranghae". Dan hanya karena susahnya mengutarakan rasa cinta inilah yang membuat Bong Pil kehilangan Sujin.

Suatu malam, saat Bong Pil sedang bicara pada dirinya sendiri, mengutuk dirinya sendiri kenapa ia tak pernah bisa mengucap kata "Saranghae" pada Sujin dan menganggap dirinya bodoh, tiba-tiba lampu yang berada didekatnya berkedap-kedip, tepat jam 12 malam, Bong Pil tiba tiba tersedot kedalam manhole (lubang saluran air) yang berada didekatnya. Ia kemudian terbangun pada jam 12 siang, ditahun saat Bong Pil bersekolah SMA.

Disinilah petualangan time travel Bong Pil dimulai. Mendapati dirinya berada di masa SMA tentu saja membuat dirinya bingung. Dia bertemu kembali dengan Sujin dan teman-teman yang sama saat ia bersekolah dulu.

Ia lalu berpikir bahwa mungkin inilah kesempatan baginya untuk merubah nasibnya di masa depan dan menghentikan pernikahan Sujin. Ia mulai rajin belajar dengan harapan ia dapat menjadi pria sukses di masa depan, tapi namanya juga Bong Pil.. baca buku pelajaran tapi ngga ada yang nyantol di otaknya! haha!

Bong Pil teringat bahwa pada saat SMA Sujin berpacaran dengan seorang pria namun pria itu kemudian mencampakkannya. Bong Pil lalu menantang pria itu untuk berduel agar Sujin tidak berpacaran dengan pria brengsek tersebut. Saat sedang berkelahi, jam menunjukkan pukul 12 malam, dan jiwa Bongpil tiba-tiba tersedot kembali ke manhole.

Tepat jam 12 siang di masa sekarang, Bong Pil keluar dari lubang manhole dengan dandanan seorang preman! Dan petualangan Bong Pil untuk membuktikan rasa cintanya pada Sujin akan terus berlanjut!

Ini spoiler endingnya.. so sweet ❤



Oke, sampai disini aja ya aku kasih jalan ceritanya, takut terlalu banyak spoiler. Supaya kalian mudah memahami konsep time travel nya, jadi gini :

1. Time travel ini memiliki efek butterfly, apa yang dirubah di masa lalu akan merubah masa depan

2. Manhole akan menyedot Bong Pil setiap jam 12 malam dan ia akan terbangun di masa yang ia tuju pada jam 12 siang

3. Time travel Manhole ini random alias ngacak, jadi Bong Pil tidak bisa memilih ia mau pergi ke tahun berapa

4. Setiap kali Bong Pil bertime travel dan berhasil mengubah masa depan, kemudian ia bertime travel lagi ke masa lalu, maka semua yang telah ia rubah akan kembali ter-reset. Jadi seolah-olah apa yang telah ia perbuat di time travel sebelumnya tidak pernah terjadi.

Kalau kita bisa memahami konsep time travel Manhole ini, drama ini sebenarnya bagus lho! Penonton diajak untuk mengantisipasi, masa depan seperti apa yang berhasil diciptakan oleh Bong Pil. Apakah ia berhasil mendapatkan hati Sujin atau apakah dia malah memperburuk keadaan. Semuanya benar-benar unpredictable.. tidak dapat diduga-duga! Dan menurutku, disinilah keseruan drama ini.

Buat kalian yang suka nonton drama komedi romantis yang ngga harus pake mikir, mungkin kalian bakalan ngerasa agak lelah saat nonton Manhole.. apalagi sepanjang drama ini, Bong Pil selalu dibuat menderita (huhuhuhiks kasian). Dan apa itu adegan romantis?? Sangat jarang terjadi! Yang ada malah baper,  nangis dan mewek. Namun tenang aja, unsur-unsur komedi di drama ini masih tetap bikin ngakak. 

Side Story


Drama Manhole ini berpusat pada Bong Pil, Sujin, dan 5 sahabat mereka. Tentu kalian pernah denger quote "Persahabatan antara pria dan wanita itu tidak pernah ada, pasti akan ada salah satu yang memiliki rasa cinta terhadap sahabatnya" ya kan? Disinilah rasa cinta Bong Pil dan Sujin diuji ketika mereka harus memilih antara cinta dan persahabatan.

Petualangan yang harus dialami Bong Pil juga akan jadi makin sulit saat ia bertime-travel ke masa depan. Ia harus berhadapan dengan suami Sujin yang ternyata adalah seorang psyco. Bong Pil berusaha untuk menyadarkan Sujin bahwa suaminya bukanlah orang baik, dan Bong Pil terus berusaha untuk melindungi Sujin jika ada hal buruk yang menimpanya.



Suami Sujin, Jaehyun, diperankan oleh Jang Mikwan (yang menjadi penjahat di drama Strong Woman Do Bong Soon). Di beberapa episode terakhir, karakter pria manis dan baik yang ditunjukkan sejak episode 1 tiba-tiba sirna karena diketahui bahwa dia mempunyai sisi gelap yang ia sembunyikan. Dan ini membuat drama Manhole berubah agak thriller gitu. Pokoknya kalo dia muncul.. hororrr..

The Most Outstanding


Di drama ini, Jaejoong tidak hanya memerankan satu karakter saja, namun ia telah memerankan karakter seorang dokter, preman, polisi, bahkan ia kembali memakai baju tentara saat ia bertime travel ke masa-masa dimana Bong Pil menjalani wamil. Disinilah kemampuan akting Jaejoong mendapat pujian dan diberitakan media bahwa Jaejoong telah mampu bertransformasi menjadi aktor yang lebih solid melalui drama ini.

baca juga : Drama "Manhole" Gagal Dalam Rating, Namun Kim Jaejoong Telah Bertransformasi Jadi Aktor Yang Lebih Baik

Kebayang ngga sih, tiba-tiba kita terbangun tanpa tahu kita menjadi apa, dalam kehidupan yang bagaimana dan tidak tahu apa yang harus dilakukan. Itulah yang terus-menerus dialami oleh Bong Pil gara-gara Manhole. Dan setiap kali ia bertime-travel ke sebuah masa yang tidak ia harapkan, ia bakalan mengumpat si Manhole, "Manhole sekiyaaaaa!!!" alias "Manhole kurangajar!!!" hahahha.. ini lucu sangat.

OST

Salah satu yang aku suka dari drama ini adalah OST-nya bagus-bagus. Karena Baro bermain di drama ini, member B1A4 tunjukkan dukungan dengan menyanyikan lagu OST untuk Manhole. Lagu-lagu OST nya lucu dan ringan. Dan OST favoritku adalah lagu yang dinyanyikan oleh Kevin Oh... bikin baper banget.

Ini salah satu yang aku suka, "Tell Me" by Sandeul B1A4


Ini juga manis banget OST nya, "Its a secret" by Norwegian Woods



Member U-KISS juga ngisi OST judulnya "Run A Way"


Ini favoritku.. "With You" by Kevin Oh, baper banget!


Lagu yang ini versi balladnya selalu muncul di adegan-adegan baper.. "For You" by Kim E-Z


Untuk lagu-lagu OST lainnya kalian bisa ubek-ubek di youtube ya, masih banyak lagu yang bagus dan enak untuk didengerin. 

------------------------

Overall tentang drama ini, menurutku "Manhole" dibilang bagus juga engga terlalu bagus, tapi dibilang jelek juga enggak jelek kok... kekurangan drama ini adalah kemistri antara lead male dan lead female menurutku kurang begitu dapet dan konflik yang terjadi antar pemain terlalu ringan... tapi kalau aku pribadi sih ngikutin drama ini, gatau kenapa 😂.. semua cast sudah berusaha sebaik mungkin untuk drama ini, terutama Kim Jaejoong yang selalu melakukan adegan lari disemua episode nya, pasti syutingnya berat banget.. #pukpuk 

Dengan rating nasional kisaran 2%, aku udah sempat berpikir kalau drama ini bakalan dipotong jumlah episode nya, tapi ternyata tidak. Dan drama ini telah terjual ke Jepang dengan harga yang melebihi drama booming "Descendants Of The Sun", semua berkat kepopuleran Kim Jaejoong!


Sekian review dariku, nantikan review drama korea lainnya!
Have a nice day semuaa~~

1 comment:

  1. It is a great funny and cool drama with great cast especialy uee and jj

    ReplyDelete