Jan 28, 2018

# BecauseThisIsMyFirstLife # JungSoMin

REVIEW DRAMA KOREA : BECAUSE THIS IS MY FIRST LIFE


Anyeong k-drama lovers!

Because This Is My First Life.. adalah drama yang sangat menggambarkan realita tentang para wanita usia 30-an dalam memandang sebuah cinta dan pernikahan. Tidak hanya di Korea saja, realita-realita yang digambarkan di drama ini pasti juga banyak dialami oleh para wanita di Indonesia maupun di dunia.

Sebelum drama ini tayang, aku sempat berpikir kayaknya ni drama ngga terlalu seru deh... kalau ada k-drama lover angkatan jadul, pasti akan berpikir bahwa ada kemiripan jalan cerita antara drama ini dengan drama yang booming dijamannya "Full House" yang dibintangi sama Rain dan Song Hye Gyo, yaitu tentang kawin kontrak yang berakhir saling cinta gitu deh.. tapi setelah drama ini tayang, ternyata drama ini tidak hanya menyuguhkan satu cerita inti namun ada dua cerita lainnya yang dihadirkan di drama ini. Dan itulah yang membuat drama ini seru. Bahkan banyak  penonton yang justru lebih menyukai jalan cerita tokoh lainnya daripada tokoh utamanya.

Buat kalian yang suka sama tokoh cowok tipikal "Tsundere".. (apa tuh?? cowok "Tsundere" tu cowok yang kaku, cuek dan terkesan tidak romantis sama sekali.. namun dibalik itu semua ternyata hatinya lembut dan penuh rasa cinta) wajib untuk nonton drama ini. Buat kalian yang sudah lama pacaran tapi ngga kunjung dihalalin.. juga wajib nonton drama ini (tapi jangan baper lho ya) dan buat wanita cantik dan mandiri, yang ingin menemukan pangeran yang menerima dirinya apa adanya, percayalah bahwa Tuhan telah menentukan jodoh kita masing-masing.

SINOPSIS


Yoon Ji Ho (diperankan Jung So Min) adalah seorang wanita yang lahir di keluarga yang sangat menganut pratilineal, orang tuanya lebih mengutamakan anak laki-laki daripada anak perempuan. Bahkan saat ia ingin menuntut ilmu di universitas yang bagus, ayahnya tidak terlalu mendukungnya. Setelah lulus dari Seoul University, ia bekerja sebagai asisten penulis drama. Namun karirnya hanya berhenti sampai disitu, bertahun-tahun ia bekerja sebagai asisten penulis drama dan belum bisa menggapai impiannya untuk menjadi seorang penulis drama.

Ji Ho mengalami masa-masa yang sulit untuk menemukan tempat tinggal saat adiknya yang masih bersekolah terpaksa harus menikah muda karena kekasihnya hamil. Ia merelakan rumahnya untuk ditempati adiknya bersama istrinya. Bayarannya sebagai asisten penulis drama juga belum ia terima. Ji Ho terpaksa mencari kontrakan dengan sewa murah, namun ia tidak menemukan yang cocok.

Bagai mendapat keberuntungan, ada seseorang yang bersedia menyewakan kamar dengan biaya yang sangat murah, namun sebagai tambahan Ji Ho harus bersedia membersihkan apartemen dan merawat kucing pemilik apartemen. Tanpa pikir panjang, Ji Ho menerima tawaran tersebut walaupun ia belum berkenalan dengan pemilik apartemen tersebut.

Di suatu acara pesta pembubaran drama, Ji Ho mengalami patah hati karena pria yang diam-diam ia cintai ternyata telah berpacaran dengan wanita lain. Disaat itu Ji Ho bertemu dengan seorang pria yang memiliki hobi sama dengannya yaitu menonton pertandingan bola. Berkat pria pecinta bola tersebut, Ji Ho mampu menahan rasa sakit hatinya. Terbawa suasana.. Ji Ho tiba-tiba mencium pria pecinta bola itu dan lekas pergi meninggalkannya. Ji Ho berpikir bahwa ia tak akan bertemu dengan pria pecinta bola itu lagi, itulah yang membuatnya nekat mencium bibir si pria pecinta bola.

Ji Ho telah tinggal di apartemen itu selama seminggu dan menjalankan tugasnya dengan baik. Ji Ho sudah merasa sangat nyaman tinggal di apartemen tersebut. Namun ia sama sekali belum pernah bertemu dengan pemilik apartemen karena jadwal kerja yang larut malam. Betapa terkejut saat ia akhirnya mengetahui bahwa ternyata pemilik apartemen adalah seorang pria bernama Nam Se Hee (diperankan Lee Min Ki) dan pria itu tidak lain adalah pria pecinta bola yang ia cium beberapa hari yang lalu.

Dua-duanya shock! Ji Ho berpikir bahwa pemilik apartemen adalah seorang perempuan... sementara Nam Se Hee berpikir bahwa yang menyewa kamarnya adalah seorang pria. Andwe!!!

Tanpa pikir panjang, Ji Ho memutuskan untuk keluar dari apartemen tersebut. Namun ia bingung harus tinggal dimana, tidak mungkin ia tinggal di rumah temannya, takut merepotkan. Akhirnya ia tinggal di sebuah gudang berkat bantuan dari pria yang pernah ia cintai. Namun ia terus mengalami kejadian buruk. Pria yang memberinya tempat menginap ini melakukan pelecehan seksual terhadap Ji Ho. Ji Ho langsung kabur melarikan diri dan kakinya terus berjalan menyusuri kota Seoul. Kemudian ia tersadar bahwa ia telah berjalan menuju apartemen Nam Se Hee.

Ji Ho butuh tempat tinggal yang aman dan nyaman. Nam Se Hee butuh teman serumah yang mau membersihkan rumah, merawat kucing dan memberinya penghasilan tambahan untuk membayar cicilan apartemen dengan jumlah yang sangat besar. Dengan keadaan ini, Ji Ho dan Nam Se Hee akhirnya membuat sebuah kontrak/perjanjian bahwa mereka akan tinggal bersama dengan berbagai syarat dan ketentuan. Seiring berjalannya waktu, Ji Ho dan Nam Se Hee menemukan kecocokan diantara mereka. Mereka berdua nyaman tinggal dalam satu rumah.

Orang tua Nam Se Hee telah putus asa mengharapkan Nam Se Hee untuk menikah. Ibunya berkata bahwa ayahnya akan melunasi cicilan apartemen apabila Nam Se Hee menikah.

Merasa bahwa Ji Ho sangat sesuai dengan kriterianya, Nam Se Hee mengajak Ji Ho untuk menikah. Tapi pernikahan mereka tidak dilandasi oleh rasa cinta, namun didasari oleh adanya kebutuhan. Ji Ho membutuhkan tempat tinggal sementara Nam Se Hee membutuhkan teman serumah yang cocok dengan kriterianya. And yes... mereka akhirnya sepakat untuk menikah (tentu saja dengan surat perjanjian) kalau dalam bahasa biologi disebut simbiosis mutualisme, sama-sama mendapat keuntungan.

Dan petualangan cinta mereka berdua semakin berwarna setelah mereka menikah. Diam diam Ji Ho telah menaruh hati pada Se Hee. Namun Se Hee tetap cuek dan bersikap kaku seperti biasanya. Banyak peristiwa yang terjadi diantara mereka berdua, namun Se Hee sepertinya tidak mau membuka hatinya untuk Ji Ho padahal tanpa disadari Se Hee sebenarnya juga memiliki perasaan yang sama terhadap Ji Ho.

Seperti apa endingnya? Silahkan ditonton sendiri ya... hehhehehe...

Menurutku yang membuat drama ini menarik, selain jalan ceritanya, karakter pemainnya juga tidak biasa. Nam Se Hee, dari episode pertama sampai terakhir.. mukanya datar teruuuus... lempeng kayak jalan tol.. tapi walau begitu karakternya mampu bikin hati baper. Sementara itu karakter Ji Ho adalah cerminan gadis lugu yang belum pernah merasakan cinta sejati walaupun ia selalu menulis cerita drama tentang percintaan.

Selain pasangan Ji Ho dan Nam Se Hee, ada dua pasangan lagi yang diceritakan di drama ini... ceritanya juga tak kalah seru lho.. simak berikut ini ya..

SIDE STORY


Ji Ho memiliki dua sahabat yang selalu  bersamanya sejak SMA. Mereka bernama Woo Su Ji (diperankan Esom) dan Yang Ho Rang (diperankan Kim Ga Eun)

Woo Su Ji adalah wanita cantik, sexy serta mandiri yang gila kerja. Ia memiliki alasan tersendiri kenapa ia harus bekerja keras. Tidak ada waktu bagi dia untuk menjalin hubungan atau berpacaran dengan seorang pria, oleh karenanya ia sering melakukan one night stand dengan pria-pria yang ia temui. Gaya hidupnya memang sedikit agak nyentrik, ia perokok dan juga jarang memakai pakaian dalam (bra) saat bekerja. Hal tersebut membuatnya selalu jadi bahan pembicaraan di kalangan para pria di kantornya.

Kemudian ia bertemu dengan CEO perusahaan dimana Nam Se Hee bekerja, bernama Ma Sang Goo (diperankan Park Byung Eun). Ma Sang Goo adalah salah satu pria yang pernah menjalin one night stand dengan Woo Su Ji. Dengan sikap ala-ala playboy modus-nya ia mendekati Woo Su Ji dan ingin menjadikannya seorang kekasih, namun Woo Su Ji bersikap dingin dan jual mahal kepadanya. Su Ji tak ingin karirnya terganggu akibat menjalin hubungan dengan seorang pria.


Satu lagi sahabat Ji Ho bernama Yang Ho Rang, telah menjalin hubungan selama 7 tahun dengan kekasihnya yang bernama Sim Won Seok (diperankan Kim Min Seok) dan mereka juga telah tinggal bersama.

Cita-cita Ho Rang adalah menjadi seorang istri dan ibu rumah tangga yang baik bagi suami dan anak-anaknya kelak. Namun karena Won Seok belum memiliki pekerjaan tetap dan belum mapan, ia selalu urung untuk melamar Ho Rang.

Hubungan mereka selalu diwarnai putus nyambung karena Ho Rang sudah sangat ingin menikah sementara Won Seok belum siap untuk menikah. Bikin baper banget lah pokoknya kisah cinta pasangan ini. Dan tentunya diantara kita pasti ada yang mengalami nasib yang sama dengan pasangan ini... hiks ngenes! Semoga kisah cinta kalian berending bahagia ya... #amin

Siapa pasangan favorit kalian???

MY OPINION?

Untuk drama yang tayang di tv kabel tvN, rating penonton drama ini juga cukup bagus lho.. rating episode pertama adalah 2,3% dan berkat jalan cerita yang bagus drama ini berhasil meraih rating tertinggi sebesar 5%.

Menurutku drama ini cukup bagus untuk ditonton, ada lucu dan ada sedihnya juga... selain jalan ceritanya dekat dengan realita kehidupan, kita dapat belajar bahwa cinta itu butuh pengorbanan dan harus diperjuangkan tidak hanya oleh satu pihak.. namun harus dari kedua belah pihak. Banyak quote bagus juga lho di drama ini. Nah.. terutama bagi kalian yang sudah menginjak usia siap nikah.. monggooo silahkan ditonton. Aku doain kalian semua akan memiliki ending yang membahagiakan #amin

SOUNDTRACK

Ini nih soundtracknya... bagus-bagus dan enak buat dipasang jadi playlist


Part 1 : STAR FIGURE by Jung Yu Ji


Part 2 : EVERYDAY by Han Hae Bin (Gugudan)


Part 3 : FEEL LIKE FALLING IN LOVE by Melomance


Part 4 : MARRIAGE by Moon Moon


Part 5 : THIS LIFE by Moon Sung Nam



Part 6 : SHELTER by Heejin feat Lee Yo Han



Part 7 : TOMORROW by Ryu Ji Hyun



Part 8 : CAN'T GO by Ben




Sekian review drama korea "Because This Is My First Life" dariku.. Nantikan review drama & film korea lainnya dariku ya... Anyeong!

Review by. BELLALUNA

No comments:

Post a Comment