Sedang Trend Drama Korea Remake Dari Serial Luar Negeri, Apa Alasannya?


Mengikuti "The Good Wife", "Entourage" dan "Criminal Minds" drama terbaru "Suits" juga merupakan drama remake dari serial Amerika dengan judul yang sama. Drama ini akan segera tayang di KBS2 pada tanggal 25 April.

Tren membuat drama remake dari serial populer luar negeri tak hanya terbatas dari serial Amerika saja. Drama terbaru OCN "Mistress" yang akan tayang pada tanggal 28 April juga diangkat dari BBC (Inggris). Serial ini juga pernah diremake oleh channel televisi Amerika, ABC.

Tak hanya itu, drama OCN "Life on Mars" yang direncanakan tayang musim panas tahun ini, juga diangkat dari serial BBC. Popularitas tinggi serial BBC tersebut, telah diremake juga oleh Amerika dan Spanyol.

Drama tvN "Mother" yang telah tamat beberapa waktu lalu diangkat dari serial Jepang dengan judul yang sama. Drama ini telah mendapat review yang positif dan bahkan terpilih untuk mewakili Asia di Cannes International Series Festival.

Drama terbaru MBN "Rich Man, Poor Woman" juga merupakan remake dari serial komedi romantis Jepang tahun 2012.

Lalu apa alasan yang mendasari hal ini? Seorang sumber dari dunia entertainment menyatakan, "Karena jumlah produksi drama semakin meningkat, ada banyak komentar tentang kekurangan-kekurangan dalam skenario.  Dalam proses ini, serial yang telah memperoleh popularitas di luar negeri dipandang lebih menguntungkan karena resikonya lebih kecil dan telah mendapat pengakuan dari publik." Mereka juga menyatakan bahwa drama remake juga memiliki keuntungan dalam hal publisitas dan menciptakan perbincangan di kalangan netizen sebelum drama tersebut ditayangkan.

Namun, tidak semua drama remake dari serial luar negeri memperoleh kesuksesan di Korea, karena agak sulit untuk memuaskan pecinta serial aslinya dan tingginya harapan dari netizen. Contohnya adalah drama "Entourage" dan "Criminal Minds" yang meraih rating rendah dan mendapat kritik.

Mengenai hal ini, narasumber tersebut juga mengatakan, "Tidak mudah untuk memproduksi drama yang dapat memuaskan mereka yang belum menonton versi aslinya. Selain itu, penting juga untuk mengadaptasi drama luar tersebut dengan sosial dan budaya yang sesuai dengan masyarakat Korea. Intinya adalah ini semua tentang bagaimana meningkatkan kualitas dari drama tersebut."


source. (1)

No comments