REVIEW DRAMA KOREA : MISS HAMMURABI


Kita sudah banyak menjumpai drama korea yang bertema hukum, namun biasanya drama tersebut bercerita tentang pengacara atau jaksa, nah kalo drama ini mengangkat cerita tentang kisah para hakim.

Drama ini diangkat dari novel yang ditulis oleh seorang hakim bernama Moon Yoo Suk, yang juga menulis naskah skenario untuk drama ini. Jadi bisa dipastikan kisah-kisah dan peristiwa di drama ini adalah sesuai dengan realita.

Drama ini adalah drama pre-produced, mulai syutingnya bulan Januari 2018 dan tayang di TV kabel JTBC pada bulan Mei 2018. Rating penontonnya cukup bagus lho, mencapai 5,9%.




"Miss Hammurabi" adalah sebuah drama bertema hukum yang bercerita tentang tiga orang hakim dengan karakteristik yang sangat berbeda. Park Cha Oh Reum (diperankan Go Ara) akan memerankan karakter hakim baru yang penuh semangat namun sangat idealis. Im Ba Reun (diperankan L Infinite / Kim Myung Soo) berperan jadi hakim yang melakukan segala sesuatu dan membuat keputusan sesuai dengan apa yang tercantum dalam ketentuan hukum atau undang-undang dan Han Sae Sang (diperankan oleh Sung Dong Il) adalah hakim ketua yang telah berpengalaman dalam pengadilan.

SINOPSIS

Im Ba Reun (diperankan L Infinite) memiliki kecerdasan sejak kecil. Ia menjadi seorang hakim muda yang sangat memegang teguh peraturan yang ada. Tak sengaja ia bertemu dengan Park Cha Oh Reum (diperankan Go Ara) dalam perjalannya menuju kantor. Ternyata Park Cha Oh Reum baru saja diangkat menjadi seorang hakim dan bekerja di tempat yang sama dengan Im Ba Reun.

Im Ba Reun kaget bukan main karena Park Cha Oh Reum adalah gadis yang ia sukai saat masih duduk di bangku sekolah. Dulu Park Cha Oh Reum sangat manis dan sikapnya bagai seorang putri, ia memang datang dari keluarga kaya. Namun saat ini, sikapnya begitu berbeda, ia menjadi gadis pemberani, ceria dan idealis.

Kedua hakim muda ini bekerja dibawah pimpinan hakim senior Han Sae Sang (diperankan Sung Dong Il) yang begitu temperamental namun sebenarnya berhati lembut.

Sejak hari pertama bekerja sebagai hakim, Park Cha Oh Reum telah berkali-kali melakukan sesuatu yang menjadi sorotan hakim-hakim lain bahkan menjadi perbincangan netizen secara online. Ia tidak suka dengan ketidakadilan, sesuatu yang menyimpang, praktik korupsi dan terlalu blak-blakan. Karena sikapnya itu ia banyak mendapat masalah. Namun ia tidak sendiri karena Im Ba Reun yang mencintainya selalu berusaha untuk membantu dan melindungi Park Cha Oh Reum.

PENDAPAT SAYA....

Oke, aku bakalan jujur dulu ya.. aku lumayan ngefans sama L Infinite alias Kim Myung Soo dari sejak ia debut sebagai penyanyi. Dan saat ia debut sebagai aktor.. aktingnya sih biasa-biasa aja sebenernya, tapi lewat drama "Miss Hammurabi" ini ia berhasil membuktikan kemampuan aktingnya!

Sebelumnya ia pernah main drama seperti "Shut Up Flower Boyband" dan "Ruler : Master Of The Mask" tapi kalau pendapatku pribadi.. akting dia di drama-drama tersebut terbilang masih agak kaku. Tapi di "Miss Hammurabi" dia dapat banyak pujian dari netizen.



Alasan utama aku nonton drama ini tentu saja karena pemain utamanya adalah L .. hehehe! Eye candy banget lho dia itu.. tampan paripurna! Walau aku agak ragu di awal dan berpikir 'masa pria setampan itu berperan jadi hakim sih?' tapi setelah nonton dramanya ternyata cocok juga. Dan karakter dia disini idaman para wanita banget dah... tipe pria setia, cerdas, serius dengan pekerjaannya, melindungi orang yang dia cintai... kurang apa lagi cobaaa?

Yang membuat aku agak kurang minat nonton drama ini adalah pemeran utama wanitanya Go Ara. Well.. ini pendapat pribadi ya, dari dulu entah kenapa aku memang ga begitu suka sama dia. Di drama apapun ekspresi mukanya selalu begitu. Dan secara visual, menurutku dia kurang mengimbangi ketampanan L (menurutku lho ya)

Dari segi cerita, menurutku drama ini terbilang fresh.. karena sebelumnya masih jarang ada drama yang mengangkat cerita tentang hakim. Apalagi naskahnya ditulis oleh seorang hakim juga, jadi membuat drama ini menjadi lebih realistis. Kasus-kasus persidangan yang diangkat di drama ini pun sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari seperti percekcokan keluarga, kejahatan seksual, malpraktik, kebiasaan mabuk yang merugikan orang lain, dll. Selain itu drama ini juga mengangkat hubungan antar hakim dan sistem kerja di pengadilan dan hubungan serta perasaan tentang keluarga.

Ada banyak quote yang aku suka dari drama ini diantaranya :

"Jika kamu benar-benar ingin memahami seseorang, kamu harus memposisikan dirimu sebagai dia, kamu harus menjadi dia."

"Orang yang paling berkuasa di pengadilan tidak lain adalah hakim. Tapi yang paling berbahaya juga hakim."



"Dia menutup kedua matanya agar tidak melihat kelakuan kotor manusia. Kalau tidak.. dia akan membunuhnya dengan pedangnya."

Seorang hakim hanyalah manusia biasa namun mereka dituntut untuk dapat membuat keputusan yang tepat karena mereka bisa menentukan nasib seseorang, bersalah atau tidak. 





Yang menurutku agak kurang dari drama ini adalah dari segi romance-nya. Sejak awal episode sudah diceritakan bahwa kedua pemain utama pernah ada kisah cinta di masa lalu, namun pengembangan cerita cinta mereka berdua terasa kurang greget.. Dan kudu nunggu sampai drama ini mau tamat baru bisa liat kisseu scene. Atau mungkin karena aku nya yang kurang sregg sama Go Ara.. hehe (maapkan!) Tapi kalau netizen sih kayaknya banyak yang suka dengan kisah cinta mereka dan menganggap mereka pasangan yang serasi. 


Nah justru kisah cinta pemeran pendukungnya lah yang mencuri perhatianku dan memberi bumbu di drama ini.. Lucu dan manis-manis gimana gitu..

Kalau disuruh kasih nilai 1 - 10, drama ini aku kasih nilai 8 coz banyak pelajaran hidup yang dapat kita ambil.. L-nya juga melambangkan ketampanan yang hakiki.. tapi kenapa adegan termanisnya harus nungguin sampai drama ini mo tamatt?? 

Oke chingudeuls.. makasih sudah baca review dariku :) dapat kiriman LOVE nih dari L.. hohoho



No comments