Aug 9, 2018

# AreYouHumanToo # ReviewDramaKorea

REVIEW DRAMA KOREA : ARE YOU HUMAN TOO?


Dibuat dengan budget yang besar, drama science fiction "Are You Human Too?" ini telah selesai diproduksi sebelum tayang. Dibintangi oleh Seo Kang Joon dan Gong Seung Yeon, drama ini mengangkat tema robot kecerdasan (artificial inteligent).

Drama sepanjang 36 episode (durasi 30 menit/episode) ini awalnya direncanakan tayang pada bulan Januari 2018, namun ditunda karena ada sedikit editing dan akhirnya resmi tayang perdana pada tanggal 4 Juni 2018 di KBS2 TV.

Pada tanggal 9 - 12 April 2018 drama ini telah diputar secara sekilas di festival drama dunia Marché International des Programs de Télévision (MIPTV 2018), yang diadakan di Cannes, Prancis. Dan menurut media, banyak perusahaan penyiaran dari negara lain yang ingin membeli hak siar drama ini lho.

Seo Kang Joon memerankan 2 karakter sekaligus di drama ini yaitu seorang keturunan konglomerat & penerus tahta perusahaan bernama Nam Sin dan sebuah robot yang memiliki wajah menyerupai dirinya, bernama Nam Sin III. Si Robot akan jatuh cinta pada bodyguard cantik yang diperankan oleh aktris Gong Seung Yeon.

Berbeda dengan drama komedi romantis "I Am Not A Robot" yang dibintangi Yoo Seung Ho dan Chae Soo Bin, walaupun sama-sama mengangkat robot sebagai tokoh utama, tapi "Are You Human Too?" ini memiliki jalan cerita yang lebih kompleks.

Kayak apa sih ceritanya?

SINOPSIS


Nam Sin, seorang keturunan dari pemilik perusahaan terkemuka di Korea tumbuh menjadi pria arogan karena ayahnya telah meninggal dan ia dipisahkan dari ibunya selama 20 tahun.

Sang ibu, yang merupakan seorang pakar teknologi, telah lama menetap di Republik Ceko dan untuk menghilangkan rasa kehilangannya terhadap Nam Sin, ia membuat sebuah robot canggih yang menyerupai manusia dan memiliki wajah yang sama seperti Nam Sin. Robot itu diberi nama Nam Sin III.

Karena ingin bertemu dengan ibunya, Nam Sin memutuskan untuk terbang ke Ceko. Ia dibuntuti oleh seseorang yang berniat untuk membunuhnya. Orang tersebut merupakan utusan petinggi perusahaan yang ingin merebut posisi direktur.

Saat berusaha menghindar dari kejaran pembunuh itu, tak sengaja Nam Sin dan si robot bertemu. Namun pada saat itu juga, Nam Sin ditabrak oleh truk dan ia mengalami koma.

Sang ibu akhirnya memutuskan untuk mengirim si robot ke Korea dan menyuruhnya berpura-pura menjadi Nam Sin agar perusahaan tidak jatuh ke tangan orang yang ingin merebutnya.

Setelah si robot menjalani training agar sikapnya bisa menyerupai Nam Sin, ia langsung terjun ke perusahaan dan menjalankan tugasnya dengan baik. Dan dalam prosesnya, si robot menjalin hubungan dengan seorang bodyguard wanita bernama Kang So Bong.

Konflik makin rumit saat Nam Sin bangun dari koma. Ia merasa kaget dan tidak bisa menerima kehadiran si robot yang telah menggantikan perannya selama ia koma. Apalagi saat semua orang berpendapat bahwa si robot memiliki sikap dan prestasi yang lebih baik dibanding dirinya.

Bagaimana si robot dapat memahami emosi dan menyesuaikan diri dengan kehidupan manusia?

Saat harus memilih antara Nam Sin dengan si robot, siapa yang akan dipilih oleh sang ibu?

Dan bagaimana seorang wanita dapat jatuh cinta dengan seorang robot?

MY REVIEW

Walau di awal-awal drama agak sedikit terganggu dengan tokoh utama wanitanya, tapi aku suka dengan jalan cerita drama ini.


Tokoh utama pria, Seo Kang Joon, menurutku cukup berhasil memerankan karakternya sebagai chaebol arogan dan juga sebagai seorang robot. Ngga gampang lhooo memerankan 2 karakter sekaligus.. apalagi jadi robot.. aktingnya keliatan natural, dan kalau diperhatikan  tatapan mata dan senyumnya saat menjadi robot.. konsisten dari awal sampai akhir drama. Baca-baca komentar netizen Korea, banyak yang memuji aktingnya di drama ini.

Aku mau kasih standing applause buat aktingnya Seo Kang Joon!


Saat jadi Nam Shin yang arogan, dia bisa berakting super jahat hingga membuat penonton geregetan ama sifatnya. Tapi saat dia jadi robot, dia bisa membuat penonton begitu mencintainya. 

Nah kalo tokoh utama wanita... jujur ya.. menurutku karakternya agak kurang oke. Karakternya kan jadi seorang bodyguard, tapi dari awal drama hingga pertengahan, aku sama sekali ga menemukan ada adegan dimana dia bertindak seperti layaknya seorang bodyguard. Dan apa ya.. kurang tangguh walaupun dia basic-nya adalah seorang petinju. Udah gitu, dia selalu bangun kesiangan. I mean... come on... dia kan ceritanya jadi bodyguard di perusahaan terkemuka, pastinya dia punya kemampuan bela diri yang oke dan profesionalisme yang tinggi donk?!! Dan hal itu kurang begitu diperlihatkan.


Di awal-awal drama karakternya juga sedikit annoying sih menurutku. 

Ada sebuah adegan yang kurang asik lah.. hampir membuatku menyerah untuk melanjutkan nonton drama ini. Diceritakan si cewe ini hampir mati saat ada kebakaran, lalu ia diselamatkan si robot. Nyawanya tertolong kan ya... tapi bukannya berterima kasih dan membalas budi si robot.. tapi dia malah berkomplot dengan penjahat untuk mengungkap jati diri si robot. SEBEL. Tapi pada akhirnya dia tulus membantu si robot dan malah jatuh cinta ama robot.

Okay... cukup bahas tokoh wanitanya.. back to drama..

Episode awal drama ini syutingnya dilakukan di Ceko. Pemandangannya bagus lhooo...


Tayang di TV nasional KBS2, rating drama ini biasa-biasa aja sih untuk drama dengan budget yang besar. Efek komputernya cukup bagus menurutku. Apalagi saat Nam Sin dan si robot (yang dua-duanya diperankan oleh Seo Kang Joon) berada dalam satu frame. Seo Kang Joon ngobrol ama Seo Kang Joon... keren!

Drama ini cukup menarik dan punya makna yang dalam. Pertanyaan "Are you human too?" adalah pertanyaan yang ada pada diri si robot saat melihat manusia berbuat kejahatan hingga tak layak untuk disebut sebagai manusia. Diceritakan robot ini punya karakter yang pure layaknya seorang bayi. Dia akan memeluk saat melihat orang menangis dan bisa menjadi teman yang baik.


Banyak yang bilang endingnya sweet... tapi aku agak kurang sreg sama endingnya. Walaupun ini drama fiksi, tapi manusia dan robot menjalin cinta dan berciuman tu ngga realistis banget ya.. masa depannya gimana? robot kan ga bisa tua sementara si cewek bisa tua.. atau jangan jangan bakalan ada "Are You Human Too 2?" kkkkk

hehe kenapa ngga dibuat gini aja, Nam Sin yang arogan berubah jadi baik, dan karena sebuah kecelakaan, sebagian tubuhnya terpaksa harus diganti dengan tubuh si Robot Nam Sin.. atau dia mengalami kerusakan otak dan otaknya diganti dengan memori si robot.. hihihi... mengarang indah! Yatapi at least agak lebih realistis lah ya.. dan win win solution buat Nam Sin dan si Robot.. hahah kasian kan Nam Sin jadi jomblooo.. LOL

Tapi ending yang dibuat sama writernim juga bagus, apalagi saat si Robot Nam Sin, yang selama ini merupakan robot yang sempurna, telah kehilangan beberapa fungsi dalam tubuhnya dan membuatnya jadi seperti manusia.. (manusia kan ga ada yang sempurna) dan akhirnya si robot bisa meneteskan air mata. Uhhh that feel... 

lagi lagi, namanya juga drama.. kita nikmatin aja ^^


Oh iya, satu hal yang aku suka dari jalan ceritanya, perusahaan akhirnya jatuh ke tangan orang yang tepat. Sejak awal episode aku suka banget sama karakter Ji Young Hoon, asisten Nam Sin. Dia pintar, attitude nya bagus, begitu loyal ke Nam Sin dan selalu ingin yang terbaik untuk perusahaan (dan tentu saja dia ganteng). Dia selalu menahan diri untuk tidak mengincar posisi direktur walaupun dia memiliki kemampuan yang baik untuk memimpin perusahaan. And finally dia dapet apa yang pantas untuk dia dapatkan!

Semoga dia dapet Best Supporting Actor. Award lah.. aku suka banget #muahhh

Sekian review dariku ya.. met nonton ^^

4 comments:

  1. Yaaah aku setuju, endingnya aku jg ga sreg. Dan aku jg tdnya berharap nam sin manusia bs get along with so bong..hmmm jd kecewa sih sebenernya sm endingnya

    ReplyDelete
  2. nah.. bener bgt, klo endingnya so bong ama robot, kewarasan si so bong malah jd dipertanyakan, seolah olah ga ada pria lain di dunia ini ya kan... hehe..

    ReplyDelete
  3. Iyaaaa yaa kalau di pikir pakai logika patut di pertanyakaan..
    Manusia gitu jalan ama robot..

    Tp namanua juga fiksi.. hahaha
    So far Seo kang joon bener2 bagus akting nya
    ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe.. namanya juga drama fiksi, kita nikmatin aja. Seo kang joon aktingnya daebak.. applause buat dia!

      Delete