REVIEW DRAMA KOREA : MY ID IS GANGNAM BEAUTY


Drama remaja seputar kehidupan kampus yang tayang di TV kabel JTBC ini diangkat dari sebuah webtoon dengan judul yang sama. Dibintangi oleh Im Soo Hyang dan Cha Eun Woo (member boygrup ASTRO) drama ini bercerita tentang kehidupan seorang gadis yang menjalani operasi plastik karena trauma yang ia alami di masa-masa sekolahnya.

Untuk drama yang tayang di TV kabel, drama ini mendapat rating penonton yang cukup bagus lho. Penggemar webtoon-nya juga merasa puas dengan versi dramanya. Bahkan si penulis webtoon juga memberikan pujian terhadap pemilihan pemain-pemainnya yang dianggap sangat sesuai dengan versi  webtoon.

SINOPSIS

Kang Mi Rae yang hendak masuk dunia perkuliahan memutuskan untuk melakukan operasi plastik di seluruh bagian wajahnya. Walau sang ayah tidak pernah memberikan ijin, namun ia tetap melakukannya berkat dukungan dari sang ibu.

Semasa ia kecil dan duduk di bangku sekolah, ia selalu diledek oleh teman-temannya karena ia punya wajah yang jelek. Ia tak punya teman dan tak pernah mengalami indahnya masa-masa remaja.

Usai menjalani operasi plastik, wajahnya berubah menjadi cantik. Banyak yang terpesona padanya namun ia masih merasa tidak percaya diri.


Saat mulai menjalani kuliah, ia langsung menjadi gadis populer nomor 2 diantara para mahasiswa baru lainnya, walaupun sudah banyak yang menduga bahwa ia cantik karena melakukan operasi plastik. Sementara itu gadis tercantik nomor 1 bernama Hyun Soo A telah memiliki kecantikan alami sejak lahir.

Selain gadis-gadis tercantik, ada juga pria populer yang memiliki level ketampanan bak selebriti bernama Do Kyung Suk. Tipe pria tsundere (dingin diluar tapi hangat didalam) yang tidak punya teman karena ia tidak suka bersosialisasi. Ia pernah bersekolah di sekolah yang sama dengan Mi Rae.

Walau Mi Rae telah menjalani operasi plastik, ternyata Do Kyung Suk dapat  mengenali wajah Mi Rae. Saat Mi Rae mendapat perlakuan buruk dari senior, Do Kyung Suk selalu ada untuk melindungi Mi Rae. Dan hal itu membuat Hyun Soo A merasa tersaingi oleh Mi Rae.

Hyun Soo A lalu berusaha untuk mendekati Do Kyung Suk, bukan karena cinta, tapi karena ia merasa kalah cantik dan kalah populer dengan Mi Rae.

Mi Rae yang merasa bahwa dirinya hanya cantik karena operasi plastik selalu menahan diri agar tidak jatuh cinta pada Do Kyung Suk. Padahal Do Kyung Suk menyukai Mi Rae bukan karena kecantikannya.

Setelah menjalani operasi plastik, perjalanan hidup Mi Rae ternyata tidak seindah yang ia bayangkan. Banyak konflik yang harus ia hadapi karena orang-orang melabelinya dengan sebutan Gangnam Beauty.

MY REVIEW

Awalnya gw ga kepikiran untuk nonton drama ini karena pemainnya belum begitu punya nama di dunia drama. Tapi setelah mencoba nonton episode 1.. ehhh gw keterusan nonton sampai tamat, maraton dalam 2 hari langsung kelar.


Sebenarnya sudah ada beberapa drama yang karakternya menjalani oplas, tapi alur ceritanya tidak berfokus pada oplas itu sendiri. Nah kalo drama ini mengangkat fenomena yang dihadapi oleh gadis-gadis yang merubah wajahnya agar lebih cantik lewat oplas.. which is ternyata mereka juga banyak mengalami konflik batin.

Konflik batin kayak gimana?
Contohnya, mereka harus mempertimbangkan perasaan orang tua yang telah melahirkan mereka. Mereka juga harus pintar menjaga agar wajah aslinya di masa lalu tidak diketahui banyak orang, mereka juga harus siap menghadapi nyinyiran dari orang lain jika hasil oplasnya kurang bagus, dll


Banyak banget pelajaran hidup yang dapat diambil dari drama ini. Salah satunya adalah kecantikan luar bukanlah syarat mutlak seseorang untuk bisa jatuh cinta, tapi inner beauty juga sangat penting. Dan satu hal lagi, drama ini juga mengajak kita untuk tidak melakukan body shamming karena sekecil apapun kata-kata yang kita lontarkan tentang penampilan fisik seseorang akan mampu menyakiti orang tersebut. Stop ngatain gendut, pesek, kerempeng, item, dll  Girls... mari cintai diri kita dan tubuh kita, we are beautiful just the way we are! And stop body shamming!

Kalau di Indonesia kan oplas masih jadi hal yang tabu. Sementara di Korea sana oplas sudah menjadi hal yang lumrah karena orang Korea sangat mengutamakan penampilan. Punya wajah jelek di bully, setelah oplas trus jadi cantik ehh masih kena bully juga. Hadeuuuhh! Disana tu kalo punya wajah jelek nyari kerja susah, apalagi nyari pacar... kkkk

Okay back to drama.

Aku suka sama ide cerita drama ini. Inspiring banget buat kita-kita para cewek. Drama ini merupakan tamparan bagi mereka yang terlalu mengutamakan fisik saat menilai seseorang, padahal yang terpenting sebenarnya adalah hati dan kepribadiannya.


Untuk pemainnya, aku agak kurang sreg sama Im Soo Hyang, menurutku mukanya agak ketuaan untuk memerankan gadis usia 20 tahun. Tapi aktingnya bagus sih. Dia dapat menyampaikan perasaan seorang gadis yang selama hidupnya selalu dibully karena punya wajah jelek lalu tiba tiba ia menjadi gadis populer di kampus dan pria paling tampan di kampus pun bahkan mencintainya. Ekspresi canggung nya tu menjiwai banget.


Sementara pemeran utama pria, Cha Eun Woo, bikin gw betah banget nonton ni drama! Saking gantengnya dia tu kayak keluar dari komik. Apalagi karakternya adalah cowok tsundere dan boyfriend material banget.. tampak dingin dari luar tapi sebenernya hatinya hangat bikin lumer. Terutama saat adegan romantis.. bikin gw halu pengen jadi ceweknya.. hehehee.. 

Awal awal drama kisahnya banyak konflik, lalu drama ini mulai banyak menampilkan adegan komedi romantis setelah melewati sepertiga bagian drama. Waktu tokoh Do Kyung Suk minggat dari rumah dan ngga punya uang tapi ia bertekad untuk ngajak tokoh Mi Rae nonton bioskop dan makan di restoran. Adegan itu lucu banget. Lalu adegan saat mereka ngedate pake baju sekolah.. pengalaman yang seru yah!


Adegan yang menampilkan orang tua Mi Rae juga lucu abis.

Satu hal yang gw suka dari drama ini adalah sutradara tidak menampilkan muka Mi Rae saat remaja (yang diceritakan wajahnya jelek). Muka remaja Mi Rae hanya terlihat sekilas dan kadang di blur, sepertinya bertujuan untuk tidak memperlihatkan definisi "muka jelek" itu seperti apa. Ini patut gw acungi jempol.

Dan tokoh termenyebalkan jatuh kepada... Hyun Soo A.


Gimana ya, Hyun Soo A itu cantik mukanya kalem lemah lembut.. tapi ternyata punya hati buruk rupa. Gw kezel sampe ke ubun-ubun! Tapi dia masih beruntung karena di ending drama, nasib dan reputasinya masih diselamatkan oleh writernim. Peristiwa saat dia diganggu ama stalker-nya itu tidak diketahui oleh teman-teman dikampusnya kan, jadi dia masih punya kesempatan untuk mempercantik hatinya.

Ini sebenernya mungkin hal yang ga begitu penting, tapi gara-gara drama ini gw jadi tau kalau bikin parfum tu ternyata ada hubungannya sama ilmu kimia ya.. mata pelajaran yang paling bikin gw pusing  hehehe

Sebenernya drama ini agak lambat sih alurnya, tapi entah kenapa gw betah nontonnya. Banyak yang mengharap dibikin season 2 soalnya ending drama ini bisa dibilang open ending, jadi ceritanya masih bisa dikembangkan lagi. 

Buat kalian yang suka nonton drama berat sepertinya kurang cocok nonton drama ini.. tapi ga ada salahnya buat dicoba, kali aja malah jadi ketagihan kayak gw hehe

No comments