REVIEW DRAMA KOREA : MR. SUNSHINE


Bukan hanya gw saja, semua pecinta drama Korea pasti memiliki pendapat yang sama bahwa drama ini patut dinobatkan sebagai drama terbaik di tahun 2018.

Jauh sebelum tayang, drama ini telah menarik perhatian publik karena drama ini merupakan kolaborasi antara penulis Kim Eun Seok dan sutradara Lee Eung Bok yang  sebelumnya telah bekerjasama menghasilkan drama populer "Descendants of The Sun" dan "Goblin".

Daftar pemain utamanya juga tidak tanggung-tanggung lho. Aktor  Lee Byung Hun yang telah banyak membintangi film Hollywood dan karir aktingnya begitu cemerlang di kancah internasional, setelah sekian lama tidak bermain drama, ia akhirnya bersedia kembali ke kdramaland melalui drama ini.

Sementara itu pemeran utama wanita, aktris Kim Tae Ri adalah aktris pendatang baru yang namanya langsung melejit berkat aktingnya di film "The Handmaidden". Berkat film itu juga, Kim Tae Ri berhasil menyabet penghargaan sebagai Best New Actress di berbagai ajang perfilman bergengsi seperti Blue Dragon Awards dan Busan Film Critics Awards. Drama ini merupakan debut aktingnya di dunia drama.

Pemeran pendukungnya juga aktor dan aktris ternama seperti Yoo Yeon Suk, Byun Yo Han dan Kim Min Jung. Dan ada banyak cameo dari aktor/aktris berbakat lainnya seperti Kim Ji Won dan Jin Goo dari drama DOTS.


baca juga : Trailer Drama "Mr. Sunshine" Banyak Dipuji Netizen

Drama ini adalah drama pre-produced dengan 24 episode dan tayang di tv kabel tvN. Rating penontonnya sangat tinggi yaitu mencapai 18% di skala nasional dan 21,8% skala Seoul. Ini membuktikan bahwa drama ini begitu populer.

Film dengan budget fantastis ini bersetting di Han Seong (kini bernama Seoul) pada era tahun 1900-an saat Korea diduduki oleh Jepang dan Amerika.

SINOPSIS

Yujin kecil, anak dari keluarga kalangan budak, harus menyaksikan kematian kedua orang tuanya di tangan majikannya yang merupakan salah satu keluarga paling kaya dan terpandang.

Dengan susah payah, Yujin berusaha melarikan diri dari kejaran sang majikan, dan berkat bantuan dari seorang missionaris (penyebar agama nasrani) ia berhasil melarikan diri hingga ke Amerika.

Yujin, yang memiliki nama barat Eugene Choi, tumbuh jadi seorang pria yang kuat. Ia berhasil menjadi seorang Tentara Angkatan Laut Amerika dan kemudian ditugaskan di negara asalnya, Joseon (Korea).

Setibanya di Korea, ia jatuh cinta pada seorang wanita yang berasal dari kalangan bangsawan. Ia juga berniat untuk membalas dendam atas kematian kedua orang tuanya.

Kedatangannya di Korea membuat ia terlibat dalam peristiwa perebutan kekuasaan yang dilakukan oleh negara-negara lain atas pemerintahan Korea.

Eugene, yang bukan lagi seorang warga negara Korea, telah terlibat semakin jauh karena wanita yang ia cintai, Go Ae Sin, ternyata adalah seorang anggota dari kelompok pejuang kemerdekaan Korea.

Dapatkah cinta seorang pria berkasta budak dengan seorang wanita dari kelas bangsawan bersatu?

Apakah Eugene, bersedia untuk mempertaruhkan nyawa demi Korea, tanah kelahiran yang telah menorehkan luka dalam dihatinya?

MY REVIEW



Bagiku ini adalah BEST DRAMA EVER! Ada banyak banget alasan kenapa kita harus nonton drama ini. Pokoknya great story, great cast, great setting, great cinematography dan great OST.

Genre-nya adalah action - sejarah - romantis. Buat kalian yang ga suka drama mikir, mungkin drama ini bakalan terasa agak berat. Tapi coba dulu deh tonton.. dijamin bakalan baper.


Cinematografinya indah banget. Rasanya kayak nonton film, bukan drama. Banyak adegan yang dibuat slow motion. Walau buat sebagian orang adegan slow motion itu agak mengganggu, tapi bagi gw justru disitu letak keindahannya. Asli, mata gw dimanjakan banget ama drama ini. Pemandangannya indah. Fashionnya bagus. Perpaduan budaya antara Korea, Jepang dan Amerika bikin makin sip!

Ini adalah drama pertama yang mengambil setting di tahun 1900. Kita udah sering liat drama saeguk yaaaa... nah klo drama ini tu saeguk tapi sudah menuju modern karena budaya barat sudah mulai masuk. Jadi kita akan dimanjakan dengan setting lokasi syuting yang indah.

Ini juga drama pertama dengan pemain pendukung dan figuran terbanyak yang pernah gw liat. Ada banyak orang bule.. orang Jepang... mereka juga speak english dan bicara bahasa Jepang.


Nah kenapa aktor pemeran utama pria yang dipilih adalah Lee Byung Hun?? Karena karakter Yujin/Eugene ini diceritakan telah lama tinggal di Amerika, jadi harus fluent ngomong pake bahasa inggris.

Ya kan kita tau sendiri, orang Korea itu spelling bahasa inggrisnya agak kurang bagus karena ada huruf abjad yang tidak ada di huruf hangul. Sementara, om Lee Byung Hun ini jago banget bahasa inggrisnya, dia sudah malang melintang di dunia perfilman Hollywood. Kemampuannya untuk adegan action juga sangat bagus. Gw rasa ngga ada aktor Korea lain yang cocok untuk memerankan karakter Eugene Choi. Mantab betul pokoknya!

Mungkin ada dari kalian yang tidak tahu siapa itu om Lee Byung Hun karena memang dia sudah lama tidak main drama dan lebih fokus ke film. Dan bagi kalian yang ragu-ragu buat nonton film ini karena  menurut kalian om Lee Byung Hun itu ketua'an atau kurang ganteng... hmmm.. justru dia itu full of charisma!

Tak cuma karakter Eugene Choi aja yang gw kagumi... Hampir semua karakter di drama ini tu diperankan dengan sangat pas oleh pemainnya. Gw bahkan ga bisa milih siapa karakter dan pemain yang paling gw suka di drama ini.

Bahkan walaupun jarak usia antara pemain utama pria dan wanita begitu besar, yaitu selisih 20 tahun, tapi hal itu sama sekali tidak berpengaruh. Ya cocok - cocok aja gitu... Chemistry nya juga terasa banget.

baca juga : Punya Selisih Usia 20 Tahun Dengan Lawan Mainnya Di Drama "Mr. Sunshine", Ini Kata Lee Byung Hun


Kim Tae Ri, gw suka banget tatapan mata dan gaya bicaranya. Saat drama ini tayang perdana, netizen korea juga banyak yang memberikan pujian terhadap cara bicaranya yang lugas dan berkelas. Tatapan matanya juga tajem banget, menggambarkan sosok wanita yang kuat.


Yoo Yeon Seok, gw sukaaaa banget sama gayanya. Gw ngga nyangka Yoo Yeon Seok bisa jadi seorang samurai sekeren itu.. hehe. Kisah hidupnya yang sedih dari awal sampai akhir bikin hati gw kayak ketusuk tusuk jarum pentul.. sakit!! Gw berharap dia dapet ending yang bahagia, tapi kayaknya sulit untuk terjadi.


Byun Yo Han, menurut gw juga pas banget memerankan karakter Kim Hui Seung, anak konglomerat yang playboy dan demen judi, dan hidupnya sudah pada level dimana ia bosan berfoya-foya dan tanpa tantangan. Klo gw bilang aktingnya agak-agak mirip dengan di drama Misaeng, tapi disini dia sedikit lebih dewasa.


Nah kalau karakter Kudo Hina (pemilik hotel Glory) awalnya akan diperankan oleh aktris cantik & sexy Kim Sarang. Tapi karena alasan bentroknya jadwal syuting, ia mundur dari drama ini dan digantikan oleh aktris Kim Min Jung. Gw sempet agak sedikit kecewa waktu itu, soalnya menurut gw Kim Sarang bakalan cucokk banget untuk memerankan Kudo Hina. Tapi ternyata Kim Min Jung dapat memberikan aura yang bagus banget untuk karakter Kudo Hina.

Kisah cinta di drama ini tu ga ada cacatnya, bagi gw ini masterpiece banget. Tiga pria, dengan latar belakang kehidupan yang berbeda-beda, mencintai seorang wanita yang sama dan mereka bertiga rela mengorbankan semuanya demi cinta. Walau sama-sama tahu bahwa mereka bertiga mencintai wanita yang sama, tapi mereka dapat berteman dan bahkan saling melindungi.


Jujur aja awalnya gw pikir mereka bakalan rebutan cewek trus saling musuhan kayak di drama-drama lain, tapi di drama ini enggak bok. Bahkan bromance mereka bertiga tu feel-nya dapet banget. Ciri khas writernim Kim Eun Seok banget nih, beliau selalu ngasih bromance yang bikin baper di semua drama ciptaannya.

Banyak banget adegan yang bikin hati gw tersentuh. Saat Go Ae Sin tahu bahwa pria yang ia cintai ternyata berasal dari kelas bawah, gilakk itu baper banget gw! Hancur sudah pertahanan.. air mata langsung ngucur!

Gw suka gimana cara penulis memberikan loveline pada semua karakter. Walaupun mungkin kisahnya tragis, tapi dikemas dengan begitu indah. Seperti loveline antara Go Dong Mae (diperankan Yoo Yeon Seok) dan Go Ae Sin (diperankan Kim Tae Ri), gw suka plot dimana Go Dong Mae meminta Go Ae Sin agar bayar hutang secara bertahap.. karena itu adalah cara agar ia dapat terus bertemu dengan wanita yang ia cintai dan ia juga dapat memastikan bahwa Go Ae Sin masih hidup.

Gw suka gimana Kim Hui Seung (diperankan Byun Yo Han) selalu bisa menjadi penyelamat terakhir bagi Go Ae Sin. Walaupun Go Ae Sin tidak mencintainya, tapi Kim Hui Seung dapat menerimanya dengan cool dan ia menawarkan diri untuk jadi tempat berlindung bagi Go Ae Sin. Gw ga rela dia matiiii... Hiks!


Dan gw dibuat terkejut karena ternyata selama ini pria yang dicintai oleh Kudo Hina adalah Go Dong Mae!

Bahkan, loveline antara pelayan setia Go Ae Sin pun bisa bikin gw baper. Apalagi di ending episode 23 saat mereka berdua tertembak mati.. itu tragis.. tapi indah.

Banyak banget dialog yang ditulis dengan sangat brilian oleh writernim. Contohnya, Go Ae Sin yang tak pernah bisa bersatu dengan Eugene berkata "Jangan datang padaku bahkan dalam mimpi. Ini sangat menyakitkan. Aku ingin berhenti untuk memikirkanmu setidaknya satu hari saja.".

Gw juga suka kalimat "Jangan ucapkan 'goodbye'.. tapi ucapkanlah 'see you.. see you again'". Karena perpisahan itu sangat menyakitkan, jadi ucapkan see you again agar ada harapan untuk dapat bertemu kembali.

Di awal-awal episode, drama ini sempat mendapat protes dari sebuah kalangan karena hampir semua karakter utama di drama ini digambarkan tidak mencintai Korea. Eugene Choi, Kudo Hina, Kim Hui Sung dan Go Dong Mae.. mereka adalah orang asli Korea tapi mereka membenci Korea. Dan plot twist-nya adalah mereka yang sudah kehilangan rasa nasionalisme terhadap Korea itu akhirnya berani mengorbankan nyawa mereka demi kemerdekaan Korea.


Walaupun drama ini lumayan berat, tapi banyak juga adegan dan dialog yang lucu lho. Seperti saat Go Ae Sin belajar bahasa inggris.. dan Eugene Choi belajar baca/tulis huruf hangul. Lalu bromance antara ketiga namja keren, masterpiece lah bromance mereka itu.. lucu!

Untuk endingnya, menurut gw ini adalah ending terbaiq. Ya iyalah, drama ini kan berkisah di jaman penjajahan. Kalau dibumbuin dengan adegan kissing atau romantis2an kayaknya justru bakalan merusak keindahan drama ini. Gw sudah cukup puas dengan endingnya. Eugene mengorbankan dirinya sendiri untuk menyelamatkan wanita yang lebih memilih untuk menyelamatkan negaranya. TERBAIQ.

Untuk OST-nya, drama bikinan Kim Eun Seok tu selain menyuguhkan storyline yang apik dan visual yang bagus, juga selalu diiringi dengan OST yang merasuk di jiwa. Gw paling demen sama OST yang dinyanyikan sama AKMU dan Baek Ji Young dibawah ini.



Tiga kata bahasa inggris yang pertama kali diketahui oleh Go Ae Sin adalah GUNS, GLORY, SAD ENDINGS ... tiga kata itu adalah inti dari drama Mr. Sunshine ini. 

Gw yakin drama ini akan borong banyak award di berbagai ajang penghargaan. 

See you... See you again! 

No comments