REVIEW DRAMA KOREA : SKY CASTLE


Drama populer yang tayang di JTBC mulai tanggal 23 November 2018 ini telah mencetak sebuah rekor yang sangat fantastis dalam perolehan rating penonton diantara saluran tv kabel lainnya. Menurut Nielsen, episode pertamanya hanya meraih 1,7% skala nasional, namun rating drama ini terus meningkat pesat dan berhasil meraih rating 23,779% untuk episode terakhirnya. Hal ini membuat SKY Castle jadi drama dengan rating tertinggi sepanjang masa disaluran tv kabel bahkan mengalahkan rating drama populer Goblin dan Reply1988.

SINOPSIS

Bercerita tentang ibu-ibu sosialita yang tinggal di sebuah komplek perumahan elit bernama SKY Castle yang hanya bisa dihuni oleh kalangan profesional yang berasal dari 3 universitas terbaik di Korea yaitu Seoul University, Korea University dan Yonsei University. Para ibu berlomba-lomba agar anak mereka bisa raih prestasi di sekolah untuk meningkatkan derajat suaminya dan membuat karir suaminya semakin bersinar.

Youngjae, berhasil masuk ke fakultas kedokteran Seoul University, membuat kedua orang tuanya bangga dan mendapat berbagai pujian. Hal ini membuat ibu-ibu SKY Castle lainnya mencoba untuk mendapatkan informasi tentang tips dan cara agar anak mereka juga bisa mengikuti jejak Youngjae. Namun di sebuah malam, terdengar sebuah letusan senjata api, ibu Youngjae bunuh diri.

REVIEW DARIKU

Ngga bisa berkata-kata lagi tentang seberapa bagusnya drama ini. Dilihat dari ratingnya yang fantastis aja udah membuktikan bahwa drama ini WAJIB untuk kamu tonton.

Okay, mungkin ada beberapa diantara kalian yang agak ragu buat nonton drama ini, mungkin karena "pemainnya sapa sih ngga kenal semua!!" atau
"pemainnya kok tua-tua... ahjumma dan ahjusii semua?!" atau
"ga ada romance-nya ya?!?"
"ceritanya berat banget.."
dan pertanyaan-pertanyaan lain yang sering gw denger tentang drama ini, karena jujur aja.. gw pun awalnya juga sempat mengunderestimate drama ini #maapkeun

Dan lagi...
gw juga yakin diantara kalian pasti ada yang saat  nonton episode pertama, kalian merasa bahwa drama ini boring dan ngga menarik.. tenang gaisss kalian ngga sendiri, gw pun juga sama!! TAPI.. rasa bosan itu langsung berubah jadi rasa penasaran saat adegan Mama Youngjae bunuh diri dan lagu backsound We All Lie diputer. Itulah titik yang bikin gw jadi kepo banget sama episode selanjutnya drama ini. Adegan itu menurut gw sangat teatrikal.. gimana enggak, setelah dia disanjung2 oleh para mama sosialita dan membuat semua mama SKY Castle iri, tiba-tiba dia berjalan di sebuah halaman bersalju.. tanpa pake sendal atau sepatu.. menyeret sebuah senapan.. dengan tatapan mata yang kosong.. lalu.. DOOORRRR dipinggir sebuah danau. Adegan ini tragis banget tapi juga indah.

We all lie tell you the truths sometimes we laugh and easily lie
Alright it's a it's faker
Shout it out What you want for the world
Money Honor Beauty Everything you want

Jadi saran gw, klo di episode 1 udah merasa males.. plisss.. bertahanlah sebentar ajaaaa.. coba nikmati dramanya karena drama ini semakin bagus di setiap episode-nya. Gw cuma gamau kalian melewatkan drama ini karena drama ini tu penuh makna kehidupan (terutama buat kalian yang sudah punya anak). You won't regret lah.



Nah sekarang gw akan bahas hal-hal yang menurut gw merupakan nilai lebih kenapa drama ini harus kalian tonton :

1. Drama ini membahas isu sosial yang sangat sensitif tentang dunia pendidikan di korea sono dan isu-isu seperti ini belum pernah diangkat dalam sebuah drama. Bagaimana sebuah nilai sangat menentukan nasib seseorang dan keluarganya. Bagaimana usaha orang tua, yang menghalalkan segala cara, agar anak-anak mereka meraih prestasi di sekolah dan memberikan prestis lebih pada orang tua dimata koleganya

2. Drama ini ditulis dengan begitu brillian. Ide ceritanya unik dan banyak sekali plot twist yang bikin otak kita akan mikir teori-teori yang mungkin akan terjadi di episode berikutnya. Bahkan reaksi netizen juga ga main-main lhooo.. saking populernya drama ini, netizen sampai heboh di berbagai forum online.. mengeluarkan teori-teori dan prediksi tentang plot twist dari drama ini, ada yg masuk akal.. ada yg diluar nalar.. bahkan sampai-sampai tim produksi drama ini dituduh membocorkan skenario karena kebetulan ada teori dari netizen yang sama persis dengan skenario yang ditulis oleh writernim. Gw seumur-umur jadi kdramalovers baru kali ini ngalamin "kegilaan" kayak gini.. and it was so fun, nebak-nebak siapa pelakunya, nebak-nebak alasannya, kenapa begini kenapa begitu.. pokoknya drama ini berhasil memainkan otak dan emosi penonton

3. Pemain drama ini bukanlah bintang populer yang lagi hitz saat ini, tapi drama ini berhasil jadi drama populer karena kemampuan akting para pemainnya yang jempolan, tak hanya aktor/aktris senior nya saja, namun aktor/aktris remaja nya pun juga bagus dalam mendalami karakternya, menurut gw beberapa dari pemainnya harus banget dapet award. HARUS!!

4. Walau diproduksi dengan biaya yang tidak terlalu tinggi, namun kesuksesan drama ini justru telah mengalahkan drama-drama yang diproduksi dengan budget fantastis. Salah satu contoh drama berbudget tinggi yang tayangnya hampir-hampir bersamaan dengan SKY Castle adalah Memories Of The Alhambra, tapi kesuksesan rating SKY Castle bahkan 2x lipat dari MOTA

5. Drama ini punya OST yang sangat cocok dengan cerita drama ini, dari segi lirik dan melodi-nya sangat mewakili banget. WE ALL LIE.. sebuah lagu yang realistis banget dan related dengan kehidupan kita semua.. semua orang pasti pernah membuat kebohongan, walaupun itu sebuah white lies, judulnya tetep aja bohong kan?? hehe

6. Gw sukaaaa sama komplek perumahan yang dipakai untuk setting lokasi drama ini. Rumahnya tu menurut gw bener-bener mewahhh.. apalagi ini rumah yg nginjek tanah ya.. bukan apartemen, tau sendiri harga tanah di seoul mahalnya kayak apa.. jadi kesan mewaahh dan sosialitanya tu makin kerasaaa!

Oiya,
buat kalian yg lebih suka drama dengan genre komedi romantis, ga ada salahnya buat nyobain drama ini, walo drama ini serius dan ceritanya kurang menarik buat para remaja tapi banyak banget pelajaran hidupnya. Apalagi buat kalian yang udah menikah dan udah punya anak, gw rekomendasiin banget kalian buat nonton drama ini.


Btw, gw mau sharing juga tentang karakter-karakternya..

Semua karakter di drama ini tu punya peran kuat! Tak hanya tokoh utamanya saja, pemain pendukung pun punya "bom" masing-masing yang siap meledak kapan aja.


Pelatih Kim Joo Young, diperankan oleh aktris Kim Seo Hyung. Dia guru privat VVIP yang menurut gw karakternya paling kuat di drama ini. Mulai dari gesture tubuh, raut muka, tatapan mata, cara berbicara, bahkan cara berpakaian dan gaya rambutnya tu sangat-sangat membuat karakter ini sukses bikin penonton ngerasa horor dan pengen jambak-jambak rambutnya. Kayaknya ga ada aktris lain yang bisa memerankan karakter ini dengan sempurna selain Kim Seo Hyung. Dabbong banget lah kemampuan aktingnya! Sampai banyak youtuber yang menirukan gayanya loh..


Karakter powerfull kedua menurut gw adalah Mama-nya Yesuh, Kwak Mi Hyang, yang diperankan oleh aktris Yum Jung Ah. Dia adalah karakter yang melambangkan "the power of emak-emak level crazy".. apapun dia lakukan demi memenuhi ambisinya agar anaknya bisa jadi yang terbaik di sekolah dan berhasil masuk universitas kedokteran, ia juga lakukan apapun demi mendukung karir suaminya. Kisah drama SKY Castle sebenernya berpusat di tokoh ini, karakternya yang ambisius dan berani lakukan segalanya demi mewujudkan ambisinya sukses membuat penonton geregetan!


Karakter powerful ketiga menurut gw adalah Prof. Cha, diperankan oleh Kim Byung Chul... powerful disini artiannya adalah karakter yang nyebelin sekaligus menghibur. Kayaknya klo ga ada karakter dia ni drama bakalan terasa rada hambar.. hihihihi.. Ada ajaaaa tingkahnya yang bikin sebel, tapi adegan dia selalu ditunggu-tunggu.. klo ga ada dia, drama ini bakalan terasa berat dan seriusss..

Karakter lain pun semua punya keunikan masing-masing. Tapi gw gamau terlalu banyak spoiler, supaya kalian nontonnya makin seru.

Dan mianhae, kali ini gw juga ga akan bahas tentang endingnya. Karena ending sebuah drama tu sakral banget.. kkk.. apalagi drama sekelas SKY Castle ini, gw gamau mempengaruhi kalian dengan kesan gw terhadap ending drama ini. Biar kalian menilainya sendiri yaaaa..

Tapi yang jelas, pasti bukan gw aja yang merasakan, banyak juga kdramalovers yang standar tentang bagus/tidaknya sebuah drakor jadi makin tinggi gara-gara drama ini. Lalu pas nonton drama lain jadi mikir "drama ini biasa aja.. drama itu gampang ditebak.." seperti ituuuuh..

Intinya sih drama ini rekomended banget!
Nyesel klo kalian ngga nonton.

OST DRAMA


No comments