Iklan

REVIEW DRAMA KOREA : HER PRIVATE LIFE


"Her Private Life" adalah drama yang wajib ditonton oleh para kpopers!!

Drama yang tayang di stasiun tv kabel tvN ini diangkat dari sebuah novel berjudul Noona Dot Com yang dipublikasikan pada tahun 2007. Dibintangi oleh Park Min Young dan Kim Jae Wook, drama bergenre komedi-romantis ini menceritakan kisah yang lekat banget dengan kehidupan penggemar kpop atau istilahnya fangirl.

Walau drama ini hitz di kalangan pecinta drama internasional, sayangnya drama yang tayang mulai 10 April hingga 30 Mei 2019 ini tidak mendapatkan rating penonton yang tinggi. Menurut lembaga survey AGB Nielsen, perolehan rating penonton tertinggi drama ini adalah 3.587% yaitu di penayangan episode ke-12. 

SINOPSIS

Sung Deok Mi (diperankan oleh Park Min Young) adalah seorang kurator handal di sebuah galeri seni. Namun dibalik gayanya yang profesional, ia menyimpan sebuah rahasia yaitu dia adalah seorang penggemar garis keras dari sebuah anggota boygrup, Cha Si An (diperankan oleh ONE). Tak hanya seorang fangirl garis keras, namun Sung Deok Mi juga merupakan seorang pengelola sebuah fansite bernama "Shi An Is My Life".

Karena direktur di galeri tersebut terlibat sebuah kasus, ditunjuklah seorang direktur baru bernama Ryan Gold (diperankan oleh Kim Jae Wook). Ryan Gold adalah seorang pelukis terkenal namun kini ia pensiun karena mengalami sindrom yang membuatnya tak bisa melukis lagi. 




Dengan adanya sebuah kesalahpahaman, tersebar rumor bahwa Sung Deok Mi menjalin hubungan cinta dengan Cha Si An. Hal ini membuat penggemar berat Cha Si An marah dan mereka terus mengganggu dan memberikan ancaman pada Sung Deok Mi. Karena hal itu, Ryan Gold menawarkan diri untuk berpura-pura menjadi kekasih Sung Deok Mi.

Lambat laun Ryan Gold mengetahui bahwa ternyata Sung Deok Mi adalah seorang fangirl. Ia pun juga menyadari bahwa hatinya telah jatuh cinta pada Sung Deok Mi.

REVIEW DARIKU

Dari sejak awal diumumin bahwa drama ini akan dibuat, gw udah antusias banget. Soalnya, gw sendiripun pernah punya riwayat sebagai seorang fangirl... hehehe... hampir 10 tahun lamanya gw menjadi seorang fangirl grup kpop, tapi saat drama ini dirilis, gw udah pensiun jadi kpopers.


Bisa dibilang alasan utama gw nonton drama ini adalah karena drama ini menceritakan kehidupan para penggemar kpop. Dulu juga pernah ada drama yang mengangkat kehidupan penggemar kpop, judulnya Reply1997, tapi bedanya dengan Her Private Life adalah di Reply1997 kehidupan fangirl hanya sebagai background karakter aja... tapi klo di drama Her Private Life, tak hanya sebagai background karakter, tapi konflik ceritanya juga melibatkan sosok sang idola dalam perjalanan kisah cintanya.

Alasan kedua adalah drama ini diperankan oleh aktris cantik Park Min Young yang menurut gw selalu sukses dalam membangun chemistry dengan lawan mainnya di semua drama yang ia perankan. Sudah cucoookk lah klo kita sebut dia sebagai The Queen of Romantic Comedy. Dari jaman drama City Hunter, Healer, hingga Why Secretary Kim ... ga ada drama dia yang ga bikin hati gw baper. Bawaannya pengen ngeshipperin dia dengan lawan mainnya terus. Kecuali untuk drama Queen For Seven Days ya... soalnya tuh drama kelewat syedih!

Nah klo male lead-nya, Kim Jae Wook juga awalnya bikin gw antusias tapi gw sempet agak takut karena sebelum bermain di drama ini, dia main di drama thriller/horror OCN "Voice" dan "The Guest" yang notabene image horror-nya melekat banget di dirinya. Tapi gw langsung inget bahwa dia juga pernah maen jadi cowok romantis di drama "Temperature Love" jadi kekhawatiran gw langsung hilang.. dan terbukti di drama Her Private Life ini dia bisa membangun karakternya dengan sangat bagus. Dan dimata gw dia cool abis,, gatau deh kalo dimata kalian hehe


Sekarang gw akan menyampaikan pendapat gw tentang sisi fangirling yang diangkat di drama ini.

Mulai dari segi cerita hingga dialog, drama ini sangat erat banget dengan dunia fangirl. Banyak istilah-istilah fangirling yang dipakai, contohnya seperti sasaeng (sebutan untuk fans yang suka stalking atau menguntit idolanya) muggle (sebutan untuk orang yang bukan fangirl/fanboy) ada juga masternim (sebutan untuk fangirl yang memposting foto-foto hasil jepretan mereka di sebuah fansite yang mereka kelola) dan masih banyak lagi istilah fangirling yang dipakai di drama ini.

Sebagai mantan fangirl, tak bisa dipungkiri bahwa image seorang fangirl atau penggemar kpop atau kpopers emang cenderung kurang baik dimata masyarakat umum. Apalagi di endonesia, kpopers sering diserang dengan kata-kata "plastik" ya khaaaannn?? Banyak netizen budiman yang suka julid "ngefans kok sama plastik?!" dan berbagai komentar senada lainnya. Well hey...!!! Mereka tidak tau bahwa selain mengagumi ketampanan dan kecantikan idola, yang dikagumi oleh para penggemar kpop adalah perjuangan keras para idola mulai dari seorang "nobody" hingga menjadi seorang "somebody famous" ini adalah SISI POSITIF!!! Klo di negara kita, ga butuh talenta atau bakat buat jadi terkenal... bikin aja skandal apa gitu kek, lalu viral, lalu terkenal. Tapi klo disana, tidak semudah itu esmeraldaaa... bakat harus diasah, ngedance dan nyanyi harus perfect, attitude dan sopan santun harus selalu dijaga. NGE GASSSS NIH! hehehhehe...


Selain komentar julid tentang "plastik" adalagi komentar yang sering diterima oleh kpopers yaitu "oppa selalu benar". Beberapa kali kpopers Indonesia harus bersitegang dengan selebriti Indonesia karena mereka berkomentar yang kurang baik terhadap idola para kpopers. Ya kalo oppa kita disenggol sama seleb indo dalam konteks yang tidak menyenangkan, pastilah kita akan mengutarakan kekecewaan yah. Lagian, ngapain juga nyenggol-nyenggol artis laen, ya khannn?? Akan tetapi, banyak kpopers yang menyikapinya dengan dewasa namun ada juga yang menyikapi dengan kebencian yang membabi buta... nah tipe kpopers yang kedua inilah yang bisa merusak image kpopers secara global.

Di drama ini pun juga diperlihatkan adegan-adegan yang memberikan penonton contoh seorang fangirl yang dewasa dan contoh fangirl yang tidak baik. Misalnya, fangirl yang baik akan menjaga privasi idolanya sementara fangirl yang kurang baik adalah seperti fangirl yang suka membuntuti mobil sang idola hingga membahayakan keselamatan. Banyak sisi positif dan sisi negatif seorang fangirl yang diceritakan di drama ini.

Pembahasan tentang fangirl gw sudahi, sekarang gw akan membahas kisah cinta di drama ini.

Kisah cinta di drama ini bisa dibilang sudah mainstream ya... sudah terlalu banyak drama yang pemain utamanya pura-pura pacaran lalu saling jatuh cinta. Pemain utama mengalami sindrom/trauma lalu penyakitnya bisa sembuh setelah menemukan cinta juga sudah banyak. Pemain utama ternyata di masa kecilnya pernah kenal atau berhubungan, ini juga udah sering. Jadi kisah cinta drama ini menurut gw sih standar aja. Banyak juga yang menganggap bahwa karakter kurator seni yang diperankan oleh Park Min Young hampir-hampir sama karakternya dengan di drama "Why Secretary Kim"


Terlepas dari jalan cerita yang B aja, gw suka banget sama chemistry antara Park Min Young dengan Kim Jae Wook. Banyak banget adegan yang bikin hati baper. Ada adegan kissing di episode 9 (klo ga salah inget) sampe gw ulang-ulang terus... wkwkwkwk... bukan karena otak gw ngeres ya, tapi gw perhatiin ada body language yang terlibat di  adegan kissing itu. Seolah-olah mereka beneran melakukannya, bukan sekedar akting, gw cari-cari video behind the scene adegan itu untuk penelitian lebih lanjut.. kkk.. tapi ga nemu-nemu dan memang ternyata ga ada. Nah loohhhh!!! Jangan-jangan adegan itu hanya sekali take aja.. uuuwww! Yang jelas sih siap-siap aja saat nonton drama ini karna terlalu banyak adegan romance dan skinship yang bikin melting.

Satu hal yang paling gw suka dari kisah cinta di drama ini adalah, karakter utama pria-nya bener-bener contoh seorang boyfriend material bagi seorang fangirl. Bukannya melarang untuk fangirling, karakter utama pria justru mendukung dan mengizinkan kekasihnya buat melanjutkan hobinya sebagai penggemar kpop. So sweet banget gag siiiihhh... Ya Tuhan, sisain seribu cowo yang kayak gitu.. buat temen-temenku sesama fangirl hehehehe

Selain kisah cinta, gw juga suka persahabatan di drama ini, bener-bener friendshipgoals. Punya sahabat yang juga punya hobi yang sama tu adalah sebuah anugrah yang tak ternilai. Tak hanya memberikan dukungan dalam suka maupun duka, tapi juga jadi partner in crime (dalam artian positif ya) dalam menikmati kehidupan.



Buat yang udah sering nonton drama dengan segala genre, drama ini ga begitu istimewa sih menurut gw. Tapi buat kalian yang hanya mencintai drama komedi romantis, drama ini lumayan seru juga buat hiburan. Ceritanya ringan, lucu dan menghibur. Baper-nya juga kena.OST-nya juga bagus bagus!

baca juga review drama korea lainnya, klik Review Drakor

No comments