Iklan

REVIEW DRAMA KOREA : CLASS OF LIES


Drama "Class Of Lies" atau judul lainnya "Mr. Temporary" tayang di OCN tanggal 17 Juli - 5 September 2019. Dibintangi oleh aktor Yoon Kyun Sang, aktris Geum Sae Rok dan beberapa aktor/aktris muda berbakat, drama dengan genre law-crime-investigation ini meraih rating penonton yang cukup tinggi untuk drama yang tayang di tv kabel OCN. Penayangan episode pertamanya meraih rating 1.814% untuk skala nasional, dan karena jalan ceritanya yang penuh intrik dan bikin penasaran, rating drama ini terus mengalami peningkatan dan tamat dengan rating sebesar 4.781%.

SINOPSIS


Gi Mu Hyuk (diperankan oleh Yoon Kyun Sang) adalah seorang pengacara handal yang menggunakan segala cara demi meraih kemenangan dan ia hanya peduli tentang uang. Ia mendapat tugas untuk menangani sebuah kasus pembunuhan di sekolah bergengsi. Namun karena kasus tersebut, karirnya justru hancur dan ijin praktek pengacara-nya pun juga dicabut. Demi memulihkan nama baiknya sebagai seorang pengacara, ia akhirnya menyamar menjadi seorang guru di sekolahan berkasus itu untuk mengungkap rahasia dibalik kasus pembunuhan yang terjadi. Dan berkat penyamarannya sebagai guru, ia akhirnya mengetahui rahasia besar praktik suap-menyuap dalam sekolah elite yang melibatkan pejabat dan para profesional kalangan atas.

REVIEW DARIKU

Ini drama bagus banget!
Tapi perlu gw tekankan bahwa drama ini genre-nya adalah law-crime-investigation yah.. tentu saja drama ini penuh teka-teki, bikin mikir, serius dan bikin penasaran. Jadi buat kalian pecinta drakor tipe komedi romantis, mungkin drama ini ga akan cocok untuk kalian. Tapi ga ada salahnya untuk dicoba lho..


Drama ini sebenernya mengingatkan gw ama drama hits "SKY Castle" yang mengambil tema tentang sisi gelap dunia pendidikan di Korea Selatan. Jalan cerita SKY Castle adalah tentang usaha para orang tua kalangan atas agar anaknya bisa masuk universitas ternama, nah drama Class Of Lies ini juga bercerita tentang hal yang sama, yaitu perlakuan khusus yang didapat oleh murid-murid dari keluarga kalangan atas tapi fokus ceritanya lebih ke kekerasan di sekolah dan kasus pembunuhan. Jadi di Class Of Lies ada unsur hukum dan investigasi juga, bukan cuma tema keluarga.

baca juga : Review Drama Korea SKY CASTLE

Kalau membandingkan SKY Castle dengan Class Of Lies dari segi rating penonton memang sangat jauh ya... SKY Castle adalah drama tv kabel dengan rating tertinggi sepanjang masa, yaitu mencapai 24% dan rating tertinggi Class Of Lies hanya mencapai 4,7%, namun bagi gw drama Class Of Lies lebih menarik jika dibandingkan dengan SKY Castle, konfliknya lebih kompleks, karakternya lebih makjleb, dan teka teki drama ini lebih memusingkan. TOP banget lah pokoknya.

Sebenernya ada lagi drama korea yang mengangkat tema kekerasan di sekolah yaitu "Beautiful World" tapi gw pribadi kurang begitu enjoy nonton drama itu karena terlalu sedih dan karakter utamanya terlalu menderita, not my type, karena gw suka dengan karakter yang kuat.




Berhubung ini adalah drama OCN yang notabene terkenal dengan drama-drama genre action, horror, thriller dan crime.. menurut gw drama ini digarap dengan sangat apik. Di setiap episode tu penonton selalu dibuat penasaran dengan "siapa sih pembunuhnya??" soalnya banyak tokoh yang berpotensi untuk menjadi pelaku pembunuhan. Hampir semua tokoh di drama ini punya rahasia dan karakternya abu-abu, dan itu membuat penonton jadi sering salah terka. Tapi gw ga akan ungkap siapa pembunuhnya ya... nti jadi ga seru donk klo udah tau duluan.. hehehe

Selain banyak tokoh yang berpotensi untuk jadi pelaku pembunuhan, hingga bikin penonton pusiiing, drama ini juga banyak banget ngasih plot twist yang bikin penonton makin gregetan. Awalnya kita dibuat mikir "kayaknya ini nih penjahatnya soalnya dia gini gini gini.." ehh tau-taunya zonk.. lalu bukti-bukti mengarah ke tokoh lain dan membuat kita mikir "kali ini gw yakin si dia adalah pelakunya soalnya bla bla bla.." dan ternyata bukan juga huufffttt... lelah hayati dipermainkan sama drama ini!!!

Klo masalah akting, ga perlu diragukan lagi lah kemampuan aktor dan aktris utamanya, apalagi aktor/aktis seniornya. Nah di drama ini gw dibuat terkesima ama akting para aktor/aktris muda yang berperan jadi murid. Dan gw yakin habis main di drama ini, mereka pasti bakalan langsung dapat tawaran proyek drama lain. Akting ngeselinnya tu dapet banget. Dan btw, ternyata beberapa dari mereka adalah jebolan grup idol loh.. kita bahas satu-satu yah!

JUN (nama lengkapnya Lee Jun Young)


Jun adalah anggota dari boygrup U-KISS. Di drama ini dia berperan jadi Yoo Beom Jin, anak sempurna yang merupakan putra dari seorang pejabat pemerintah.

Sebelum bermain di drama ini, Jun pernah main drama tvN "Avengers Social Club" dan drama MBC "Goodbye to Goodbye". Jun dinobatkan sebagai "Best New Actor" di MBC Drama Awards 2018 berkat perannya di drama "Goodbye to Goodbye". Pantesan aja akting dia bagus banget di drama Class Of Lies ini.

Byung Hun


Cowok yang berperan jadi Ahn Byung Ho ini adalah member dari grup TEEN TOP. Karir aktingnya sudah lumayan banyak. Sebelumnya ia telah bermain di drama "Nokdu Flower", "A Pledge To God", "Entertainer", dll.

Kim Myung Ji


Cewek cantik yang berperan jadi Na Ye Ri ini ternyata pernah debut jadi anggota girlgrup bernama Tiny-G di tahun 2012 lalu beberapa tahun kemudian ia memutuskan keluar dari grup itu. Kok hampir sama yaaa ama cerita di drama.. klo di drama ini dia berperan jadi seorang trainee yang gagal debut karena terlibat kasus pembunuhan.

Kwon Sohyun


Kwon Sohyun yang berperan sebagai seorang penyiar radio sekolah ini pertama kali debut sebagai member Orange di tahun 2005 namun grup tersebut telah bubar. Lalu Sohyun kembali debut sebagai member 4Minute, namun di tahun 2016 ia memutuskan untuk tidak perpanjang kontrak dan memilih fokus di dunia akting.

Jung Da Eun


Berperan sebagai tokoh yang dibunuh di drama Class Of Lies ini, Jung Da Eun rupanya pernah debut sebagai anggota grup 2EYES pada tahun 2013. Di tahun 2019 juga, Jung Da Eun pernah bermain di drama JTBC "The Wind Blows"

Nah sekarang gw akan bahas endingnya.
Pelakunya siapa? Rahasia lah! Tapi kalo mau bahas, boleh bahas di kolom komentar yah.. hehehe

Banyak yang menganggap kalau ending drama ini ga tuntas alias ngegantung. Klo menurut gw pribadi, justru ending drama ini udah tuntas. Semua penulis punya gaya masing-masing dalam membuat ending sebuah drama, nah klo menurut gw ending drama ini dibuat ala-ala ending sebuah film. 


Karena genre drama ini adalah crime-investigation, menurut gw ga perlu dibuat ending yang menjelaskan akhir dari semua karakter. Tokoh jahatnya udah dapet balasan, ada yang masuk penjara, ada yang meninggal. Walaupun ada adegan di ending yang masih tanda tanya, justru disitulah menariknya ending drama ini.. sampai endingpun kita masih dibuat bertanya-tanya "siapa yang ngebunuh pembunuhnya?" hehehe.. banyak juga yang menyesalkan kenapa pembunuhnya ga dipenjara aja biar merasakan siksaan di dunia, tapi hey hey.. pembunuhnya kan masih dibawah umur (kasih bocoran dikit) setauku hukum untuk anak dibawah umur tu beda dengan orang dewasa, jadi memang paling pas adalah dia dibuat mati aja.

Ada satu hal yang menggelitik gw dari awal sampai akhir drama. Karakter si hacker itu lho saaaayyy... Park Won Suk, kok dia selalu pake kupluk di kepala, kayak bapak-bapak di indonesia yaaaa... hehehhe dan di ending drama ini, di bagian thanks to kalo ga salah denger dia bilang "TERIMA KASIH" gitu, ya gag sih?

Sekian dulu review drama ini dariku, makasih udah luangin waktu untuk ngebaca. Klo pengen kupas tuntas lebih lanjut atau barangkali ada misteri yang masih bikin kalian bingung, boleh tulis di kolom komentar yah.. makasih!

baca juga review drama korea lainnya, klik Review Drakor

No comments