Iklan

REVIEW DRAMA KOREA : HOTEL DEL LUNA


"Hotel Del Luna" adalah salah satu drama populer yang wajib untuk kalian kepoin. Dibintangi oleh IU (Lee Ji Eun) dan Yeo Jin Goo, sampai saat review ini ditulis, drama ini merupakan drama dengan perolehan rating tertinggi ke-6 di saluran tv kabel tvN. Daftarnya adalah sebagai berikut :
  1. Reply 1988 --- 18.803%
  2. Goblin --- 18.680%
  3. Mr. Sunshine --- 18.129%
  4. 100 Days My Prince --- 14.412%
  5. Signal --- 12.544%
  6. Hotel Del Luna --- 12.001%
Drama bergenre fantasi komedi romantis ini merupakan karya penulis Hong Sister yang sebelumnya telah menulis drama populer lainnya seperti My Girl (2005), You're Beautiful (2009), My Girlfriend is Gumiho (2010), The Greatest Love (2011), Master's Sun (2013) dan Hwayugi (2018).

"Hotel Del Luna" tayang pada 13 Juli - 1 September 2019.

SINOPSIS

Jang Man Wol (diperankan oleh IU) adalah pemilik Hotel Del Luna. Hotel ini tidak seperti hotel pada umumnya karena merupakan tempat persinggahan bagi jiwa-jiwa manusia yang telah meninggal untuk berangkat ke alam baka. Seribu tahun lalu, Jang Man Wol membuat sebuah kesalahan, oleh karenanya ia mendapat kutukan yaitu tidak dapat masuk ke alam baka dan terjebak di Hotel Del Luna sampai ia menemukan seseorang yang bisa mengantarnya ke alam baka. Dia cantik namun punya sifat yang tamak dan mencurigakan.


Go Chan Sung (diperankan oleh Yeo Jin Goo) adalah manajer termuda yang pernah bekerja di sebuah hotel berjaringan multinasional. Ia lulusan dari universitas bergengsi Harvard. Dia memiliki sifat perfectionist namun hatinya hangat. Karena kejadian di masa lalu yang menimpa ayahnya, Go Chan Sung terpaksa harus bekerja sebagai manajer di Hotel Del Luna. Ia diberi sebuah kemampuan untuk dapat melihat hantu karena Hotel Del Luna adalah hotel yang sebagian besar klien-nya adalah hantu.

Jang Man Wol dan Go Chan Sung saling jatuh cinta. Namun mereka menyadari bahwa mereka akan sulit untuk bersama. Perlahan-lahan kisah masa lalu Jang Man Wol mulai terungkap.

MY REVIEW

Drama ini tu HITZZZ banget ya gaiss.. ga cuma di korea sono, kdramalovers internasional maupun indonesia banyak yang suka!

Gw juga suka sama drama ini, tapi jujur saja drama ini tidak begitu membekas di hati gw. Bukan karena dramanya kurang bagus atau gimana, tapi karena gw sudah hafal dengan tipe-tipe drama yang ditulis oleh Hong Sisters. Semua drama Hong Sisters sudah gw tonton, jadi ada beberapa hal yang sudah bisa gw tebak bakalan kayak gimana. Dan ini bukan pertama kalinya Hong Sisters nulis drama fantasi tentang hantu-hantuan, sebelumnya Hong Sisters sudah bikin drama hantu-hantuan yaitu My Girlfriend is Gumiho, Master's Sun dan Hwayugi. Jadi kalau kalian lom pernah nonton drama-drama lawas Hong Sisters.. berarti kalian aman, hehehe




Selain yang udah gw tulis diatas, ada satu hal lagi yang membuat drama ini kurang membekas di hati gw. Menurut gw karakter Jang Man Wol ini adalah versi ceweknya Goblin. Mereka berdua sama-sama berasal dari jaman joseon dan keduanya sama-sama telah membunuh banyak orang di kehidupan terdahulu. Jadi bagi gw ide cerita drama ini bukan sesuatu yang baru.

Goblin, dia dikutuk dengan tusukan pedang yang membuatnya tidak bisa mati dan tidak dapat masuk ke alam baka. Ia akan terbebas dari kutukan itu setelah pedang di tubuhnya dicabut, dan hanya Pengantin Goblin-lah yang dapat melihat dan mencabut pedang itu. Ia telah mengembara ratusan ribuan tahun,  hingga dia bertemu dengan Pengantin Goblin di jaman modern ini.

Sementara itu kisah Jang Man Wol di drama Hotel Del Luna hampir-hampir sama dengan Goblin. Jang Man Wol dikutuk untuk tidak dapat masuk ke alam baka dan ia terjebak di sebuah sanggraloka yang merupakan tempat persinggahan jiwa-jiwa yang akan masuk ke alam baka. Ia hanya akan dapat masuk ke alam baka jika pohon di sanggraloka tersebut berdaun, lalu berbunga dan gugur. Setelah ribuan tahun mengelola sanggraloka itu, di era modern ini ia bertemu dengan pria yang dapat menggetarkan hatinya dan membuat pohon itu berdaun dan berbunga. Pria tersebut ditakdirkan untuk mengantarkannya masuk ke alam baka.

Tapi terlepas dari semua itu, gw tetep suka sama drama ini. Apa aja yang gw suka? Cekidot!

  • Gaya fashion Jang Man Wol yang selalu bikin terpukau. Pasti semua setuju kan kalo drama ini tu ibarat pameran fashion, soalnya dari awal sampai akhir mata penonton dimanjakan dengan berbagai busana yang classy dan elegan yang dikenakan oleh IU. Tiap episode gw selalu dibuat penasaran, next dia akan pake baju dan style rambut kayak apa.
  • Akting IU keren banget!  Di drama ini, dia harus memerankan karakter dari dua era. Di era Joseon, dia harus berperan jadi seorang pembunuh sekaligus seorang gadis yang hatinya tersakiti karena pengkhianatan. Sementara itu di era modern, ia harus berperan jadi cewek rakus, doyan duit dan agak nyebelin tapi dia juga berkharisma.
  • Gw suka bagaimana penulis secara perlahan-lahan mengungkap masa lalu yang dialami oleh Jang Man Wol. Masa lalu Jang Man Wol tidak diungkap sekaligus melainkan diungkap sepotong-potong di setiap episode, hal inilah yang membangkitkan rasa penasaran penonton.

  • Drama ini bertabur cameo dari bintang terkenal lainnya. Ada Lee Jun Ki, Nam Da Reum, Sulli, Lee Yi Kyung, Seo Eun Soo dll. Dan cameo yang paling menggemparkan dunia perdrakoran adalah cameo dari aktor tampan Kim Soo Hyun yang baru aja selesai menjalani wamil.
  • Akting nangis Yeo Jin Goo di halte bus. Jadi gini gaisss, bisa dibilang gw adalah penggemar aktor muda ini. Gw udah merhatiin dia sejak dia masih kecil. Dan menurut gw, karakter yang harus dia perankan di drama ini tidak membuat dia dapat mempertunjukkan kemampuan aktingnya secara maksimal. Jangan salah baca ya, gw bukan ngomongin Yeo Jin Goo-nya tapi gw ngomongin karakter Go Chan Sung. Go Chan Sung adalah karakter yang B aja, adegan-adegan yang harus dia jalani tidak menuntut Yeo Jin Goo untuk mengeluarkan kemampuan aktingnya yang bagus banget. Sangat jauh klo dibandingkan dengan karakter di drama sebelumnya yaitu "The Crowned Clown". Kemudian di episode ending Hotel Del Luna, akhirnya kita dapat melihat kemampuan akting Yeo Jin Goo di adegan saat dia nangis di halte bus.. dan benar donk, adegan itu jadi trending topic di korea selama lebih dari satu hari. Keren!


  • Aktor newcomer yang langsung melejit, Lee Do Hyun alias Mas Kunang Kunang. Pasti ngga sedikit dari kalian yang langsung jadi bucin-nya si mas kunang-kunang. Lee Do Hyun sebelumnya sudah bermain di beberapa drama seperti Prison Playbook, Thirty But Seventeen, dan Clean With Passion For Now tapi karakter yang dia perankan adalah karakter pendukung yang minim adegan & dialog, dan karakternya berlalu begitu saja hingga penonton langsung lupa. Tapi di drama ini, Lee Do Hyun benar-benar mencuri perhatian, dia sangat cocok pake hanbok yang membuat aura-nya langsung terpancar! Kisah cintanya di drama ini pun bikin penonton pada baper. Aiguuuh
  • OST yang earcatching. Deretan OST drama ini semuanyaaaaaa bikin baper ~~ 
  • Efek CGI-nya bagus. Drama ini adalah drama fantasi yang menuntut efek CGI yang berkualitas. Dan tim produksi telah memberikan CGI dengan kualitas yang bagus, jadi kesan drama fantasi-nya sangat terasa dan adegan hantu-hantunya juga bagus!
Nah, sekarang mari kita bicara tentang ending drama ini.
Ada penonton yang bingung, ada penonton yang puas, ada yang kecewa dan ada juga yang berharap season ke-2. Nah kalo gw, ending drama ini sesuai banget sama yang gw prediksiin. Dari awal kita sudah tau bahwa mereka ga akan bisa bersama. Jang Man Wol harus masuk ke alam baka, dan Go Chan Sung adalah pria yang ditakdirkan untuk mengantarnya ke alam baka. Ya bagaimana mungkin mereka bisa bersatu? Satu-satunya kemungkinan adalah mereka dapat bertemu kembali saat mereka reinkarnasi di kehidupan berikutnya. Ya kan? Tapi sedih banget rasanya... pengennya mereka bisa bersatu gitu, tapi klo dibuat bersatu malah endingnya jadi terkesan dipaksain. Yaudah gw legowo aja deh mereka ketemu di kehidupan berikutnya.

Tapi yang gw suka dari kisah cinta mereka adalah keduanya sama-sama punya pikiran yang dewasa dalam urusan cinta. Jang Man Wol (mungkin karena usianya udah ribuan tahun ya) tidak memaksakan gimana caranya supaya bisa bersama Chan Shung. Sementara Chan Sung, walaupun dia masih muda tapi dia selalu supportif kepada Man Wol. Walaupun dia tahu bahwa dia ga akan bisa bersama dengan Man Wol di kehidupan ini. Hatinya tulus dan dan sangat hangat.




Yang menurut gw agak kurang nendang adalah jalan cerita saat mas kunang-kunang terungkap bahwa selama ini dia jadi kunang-kunang untuk menemani Jang Man Wol. Gw pikir dengan kemunculan mas kunang-kunang bakalan ada plot twist maha dahsyat apa gitu kek... tapi kisah mas kunang-kunang berakhir begitu saja dengan diantarkan pergi ke alam baka oleh Jang Man Wol.

Entahlah, mungkin ga cukup waktu juga kali ya untuk bikin konflik yang melibatkan mas kunang-kunang dengan Go Chan Sung, soalnya episode-nya tinggal dikit menuju ending. Dan menurutku endingnya juga terkesan terburu-buru karena penyelesaian kasus para pegawai di Hotel Del Luna diselesaikan hanya dalam satu episode.

Tapi overall drama ini cukup menghibur kok. Buat yang takut hantu, menurut gw sih hantu di drama ini ga begitu serem.. ya kalo ternyata menurut kamu serem, tinggal tutup mata aja kan hehehehe

baca juga review drama korea lainnya, klik Review Drakor

2 comments:

  1. Setujuu sist. ..Chansung karakter yg biasaa bgt... Tp karena yg main jingoo,jd munculin karakter lead male idaman para wanita usia diatas 25th.. Hahhhaha pembawaany ga grasa grusu semua dpikirin baik burukny,, cara ngecomfort manwoel bnee bner dewasa.. .Hadeuuh jingooo. ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaaaa bener.. pdhl aslinya kan dia masih muda yah, tapi bisa meranin karakter yang punya sifat dewasa.. uwuuuu

      Delete