Iklan

REVIEW DRAMA KOREA : WHEN THE CAMELLIA BLOOMS


Drama "When The Camellia Blooms" adalah salah satu drama terbaik di tahun 2019. Dibintangi oleh Kang Ha Neul dan Gong Hyo Jin, drama ini berhasil memecahkan rekor sebagai drama dengan pencapaian rating tertinggi yang tayang di tv publik pada tahun 2019.

Drama yang menjadi drama comeback Kang Ha Neul setelah 2 tahun menjalani wajib militer ini tamat dengan rating tertinggi sebesar 23,8%. Tak hanya prestasi itu saja, drama ini juga mendapat pujian dari kritikus serta penonton berkat jalan cerita yang realistis dan unik yang merupakan  gabungan dari komedi romantis dengan thriller, selain itu akting para pemainnya juga bagus.

SINOPSIS



Dong Baek (diperankan Gong Hyo Jin) adalah seorang single mother yang tinggal disebuah kota kecil bernama Ongsan. Dia mendirikan sebuah bar bernama Camellia sembari merawat anak semata wayangnya bernama Pil Gu (diperankan Kim Kang Hoon).

Dongbaek masih muda dan cantik namun karena statusnya, masyarakat di Ongsan sering menggosipkannya. Apalagi bar yang ia dirikan sering didatangi oleh para pria. Walau begitu, seorang polisi muda bernama Hwang Yong Sik (diperankan Kang Ha Neul) jatuh cinta padanya tanpa peduli omongan orang.

Mantan kekasih Dong Baek, yang merupakan ayah Pil Gu, tiba-tiba muncul kembali dalam kehidupan Dong Baek. Ia adalah seorang pemain baseball terkenal. 

Saat Dong Baek berusaha untuk menemukan kebahagiaan hidup, muncul kasus pembunuhan berantai di Ongsan dan Dong Baek mungkin jadi salah satu target pembunuh itu.

MY REVIEW

Drama ini bagus banget dan penuh makna kehidupan. Sayang untuk kamu lewatkan!


Review jujur dari gw..

Episode awal memang rada boring karena jalan ceritanya masih gatau mau dibawa kemana. Awal episode kita diperkenalkan dengan karakter Dong Baek yang seorang single mother dan Yongshik, seorang polisi yg punya sifat unik dan cenderung kampungan.. hehe.. karena dia memang berasal dari kampung Ongsan. Lalu pria dari masa lalu Dong Baek hadir kembali. Ditambah seorang tuan tanah yg naksir sama Dong Baek. Jadi episode awal drama ini seolah-olah cuma kayak perebutan 1 wanita oleh 3 orang pria.

Di awal episode penonton juga udah dikasih adegan ditemukannya mayat seorang wanita di sebuah danau. Ada adegan Yongshik yang kayaknya down banget. Dan adegan ini bikin penonton langsung berspekulasi kalo pemeran utama wanitanya bakalan meninggal, which is bikin penonton berasumsi bahwa drama ini ngga akan happy ending. Biasanya penonton rada males klo endingnya ga bahagia.



Tapi semakin bertambah episode, permasalahan semakin kompleks dan terungkap kisah-kisah lain yang membuat drama ini makin seru. Ditambah cerita thriller tentang sosok pembunuh berantai yang jadi misteri.

Banyak banget hal yang gw suka dari drama ini :

1️⃣ Bicara tentang akting, Gong Hyo Jin ga perlu dibahas ya.. karena aktingnya memang jempolan banget dari sononya. Kita bahas aja akting Kang Ha Neul yang menurut gw makin oke. Di drama ini dia harus akting dengan dialek dan gaya yang "ndeso". Ditambah lagi dia harus berakting jadi cowok yang lagi bucin banget ama seorang wanita. Perlu gw informasiin bahwa bucin-nya tu bucin yang norak ya gaiss. Tapi gw liatnya enjoy.. aktingnya ngga keliatan maksa. Chemistry mereka berdua juga terbangun dengan so sweet.

2️⃣ Drama ini bercerita tentang kehidupan sehari-hari yang sangat realistis. Mengangkat kehidupan masyarakat di kota kecil. Jadi buat sebagian dari kita, cerita drama ini related banget ama kehidupan sehari-hari kita.

3️⃣ Banyak pesan moral yang tersirat di drama ini. Tak hanya cinta-cintaan aja. Drama ini lebih mengangkat tentang bagaimana perjuangan seorang ibu dalam membesarkan anaknya. Dongbaek adalah single mother. Ibunya Dongbaek juga single mother. Calon mertua alias ibunya Yongshik juga seorang single mother. Dan gw, yang telah menjadi seorang ibu, dibuat terharu banget sama drama ini. Nangis bombay muluuu hiks


4️⃣ Gw suka side story semua pemain pendukung. Kisah hidup Hyang Mi bikin gregettt.. yg awalnya bikin sebel dan penuh curiga akhirnya merasa kasihan. Kisah pasangan tuan tanah dan pengacara juga ga kalah epic. Apalagi para ahjumma di Ongsan, yang awalnya julid banget akhirnya malah jadi baik dan kompak banget dalam melindungi Dongbaek. Semua punya peranan penting dalam membuat drama ini jadi seru


5️⃣ Gw suka interaksi antara Pilgu (anak Dongbaek) dengan ayahnya (si pemain baseball terkenal). Si anak ga pernah merasakan figur seorang ayah.. sang ayah juga belum pernah ngerasain rasanya punya anak cowok berusia 7 tahun. Gw seneng penulis ga begitu ngangkat "rasa cinta" antara sang ayah dengan ibu Pilgu dan lebih fokus ke "tanggung jawab seorang ayah pada anaknya". Soalnya bakalan too many love story.. takut jatuhnya malah maksa. Karakter Pilgu juga gemezzz banget.. anak kecil tapi klo ngomong selalu bener wkwkwk


6️⃣ Menurut gw, poin penting yang bikin drama ini makin seru adalah saat karakter ibu Dongbaek muncul. Bukan bermaksud mengesampingkan karakter lain, tapi kehadiran ibu Dongbaek ini momennya pas banget dengan momen saat penonton dibuat penasaran siapa si pembunuh berantai-nya. Apalagi aktris yang memerankan ibu Dongbaek ini sebelumnya telah maen di drama "Strangers From Hell" dan film "Parasite" sebagai orang yang menyeramkan. Jadi kehadiran ibu Dongbaek cukup bikin merinding dan penuh curiga di awal-awal. Tapi setelah terungkap kisah yang sebenernya.. malah bikin kayak ngiris bawang.. bikin nangis teruuusss hiks hiks 

7️⃣ Gw suka cerita romance + komedi + thriller bisa nge-blend dengan sempurna. Habis nangis tiba-tiba ngakak.. habis ngakak jadi serius.. gitu aja terus sampai tamat. Tenang.. thrillernya ngga serem kok, ngga diliatin adegan2 pembunuhannya.

8️⃣ Dan gw suka dengan endingnya. Penuh kejutan, plot twist dan manis banget uuuuwwww. Gw pikir kasusnya udah kelar donk.. ehh ternyata belum.. 



Banyak banget woy poin yang gw suka dari drama ini. Tapi ada yang bikin gw bertanya-tanya, yaitu..

Karakter Dongbaek ni diceritakan baiiiikkkk banget. Begitu sabar dan pemaaf. Sangat positif thinking dan ga pernah berpikiran negatif terhadap orang lain. Gw sampai berpikir apa iya di kehidupan nyata karakter seperti dia beneran ada? Klo beneran ada.. berarti she's a angel.

Yang udah nonton drama ini, share di kolom komentar donk pelajaran hidup yang dapat kamu ambil dari drama ini.

Buat yang belum nonton, cuzz nunggu apalagi? Segera tonton drama ini. Tapi gw garis bawahi dulu ya.. drama ini beda dengan drama komedi romance pada umumnya yang menyuguhkan adegan-adegan so sweet yang bikin hati halu, tapi lebih ke slice of life yang bikin kita jadi lebih memaknai cinta dan hidup.

Baca review drama korea lainnya di : Review Drakor

No comments