Iklan

REVIEW DRAMA KOREA : CRASH LANDING ON YOU


Drama Crash Landing On You yang dibintangi oleh aktor Hyun Bin dan aktris Son Ye Jin ini adalah salah satu drama WAJIB TONTON di tahun 2020. Drama ini ditulis oleh penulis drama My Love From The Star dan Legend of The Blue Sea.

Drama yang mengusung genre komedi-romantis tentang percintaan 2 insan dari 2 negara yang sedang berselisih ini sangat dicintai oleh publik, terbukti dengan perolehan rating penonton yang selalu mengalami kenaikan.



Menurut data AGB Nielsen, episode pertama drama ini meraih rating 6,074% dan terus mengalami kenaikan hingga episode terakhir meraih rating 21, 683%. Hal ini membuat CLOY menjadi drama dengan rating tertinggi sepanjang masa di stasiun tvN mengalahkan Reply 1988 dan Goblin. Dan menjadi drama dengan rating tertinggi ke-2 di semua stasiun tv kabel dibawah drama SKY Castle (JTBC).

Tak hanya prestasi itu saja, sepanjang penayangan drama ini, drama CLOY beserta pemain utamanya selalu berada di urutan teratas di Good Data (data untuk mengukur drama/aktor/aktris yang paling banyak dicari atau dibicarakan secara online). Nama Son Ye Jin berada di peringkat 1 selama 10 minggu berturut-turut, sedangkan nama Hyun Bin berada di peringkat 2 selama 10 minggu berturut-turut. Untuk kategori drama, CLOY berada di peringkat 1 selama 8 minggu.

SINOPSIS


Yoon Se Ri (diperankan oleh Son Ye Jin) adalah seorang pebisnis sukses yang merupakan anak seorang konglomerat. Dia cantik, pintar, ambisius dan punya kepribadian yang sangat pemilih. Karena hal itulah, ayahnya menunjuk dia untuk menjadi penerus perusahaan keluarga.

Saat meluncurkan lini fashion berupa baju olahraga paralayang, sebuah angin puting beliung mendadak menerpa dan membawanya terbang jauh. Tanpa ia sadari, ia jatuh ke sebuah hutan yang merupakan wilayah perbatasan antara Korea Selatan dan Korea Utara.


Yoon Se Ri ditemukan oleh Kapten Ri Jung Hyuk (diperankan oleh Hyun Bin) tentara Korea Utara yang sedang bertugas di wilayah perbatasan tersebut. Sesuai prosedur, Yoon Se Ri harus diamankan, namun Se Ri berhasil kabur dan melarikan diri. Ia terus berlari namun salah arah, bukan berlari ke arah Korea Selatan namun justru memasuki wilayah Korea Utara dan bertemu kembali dengan Kapten Ri.

Demi menutupi kesalahannya, Kapten Ri diam-diam menyembunyikan Se Ri di rumahnya dan berniat untuk memulangkannya ke Korea Selatan. Namun sebelum ia berhasil memulangkan Se Ri, kejadian itu telah terendus oleh Biro Keamanan Korea Utara. Agar tidak ditangkap oleh Biro Keamanan, Kapten Ri berbohong dengan mengatakan bahwa Se Ri adalah kekasihnya.

MY REVIEW

Sebelum drama ini tayang, drama terbaik versi gw adalah Mr. Sunshine. Tapi kini, drama CLOY resmi jadi drama terbaik versi gw saat ini.

baca juga : Review Drama Korea Mr. Sunshine

Banyak unsur yang bikin gw cinta berat ama drama ini, tapi sebelum gw jabarin semuanya.. gw mau kasih tau ke kalian sesuatu yang bikin gw mengernyitkan jidat saat nonton drama ini yaitu CGI-nya terkesan asal-asalan gaisss.

Di episode pertama saat Se Ri terkena angin puting beliung, sorry to say.. kliatan banget kalo digarapnya kurang maksimal. Ngga separah sinetron indosiar sih.. tapi karena adegan itu ada di episode pertama, jadinya bikin nilai minus (biasanya episode pertama adalah episode yang menentukan kesan penonton bakalan lanjut nonton lagi atau tidak)

Lalu adalagi adegan saat Se Ri dan Kapten Ri melarikan diri dengan naik paralayang berdua.. ya ampuuun.. CGI-nya bikin gw tutup mata 🙈😅

Trus adegan saat Kapten Ri mau memulangkan Se Ri melalui kapal laut.. itu editan bukan sih background laut-nya? Soalnya keliatan ngga natural.

UDAH ITU AJA.. selain hal itu, gw suka semuaaaaa tentang drama ini. Apa aja yang bikin drama ini menarik buat ditonton?

1️⃣ The Power Of Superstar! Pemain utama drama ini yaitu Hyun Bin dan Son Ye Jin.. Selain karena popularitas mereka berdua yang tinggi, dua-duanya punya visual yang bikin semua orang bisa terkesima.  Apalagi Hyun Bin di drama ini berperan jadi tentara yang harus sering memakai seragam tentara.. tinggi, gagah, dada bidang.. aduuuhh visualnya bisa jadi "ancaman" bagi semua kaum hawa 🤭 apalagi ada adegan action-nya.. uuhhh.. makin-makin meleleh deh hati para wanita


2️⃣ The Power of Dating Rumor! Chemistry Hyun Bin & Son Ye Jin di drama ini ngga main-main, so romantic & sweet. They looks so good together! Apalagi karena sebelum drama ini dibuat, mereka berdua pernah dirumorkan berpacaran karena tertangkap sedang belanja bareng di supermarket di Amrik (ngapain coba blanja bareng di supermarket di Amrik?? berarti mereka sedang liburan bareng kan?? 😁) rumor itu bikin penonton makin penasaran dengan hubungan mereka, dan akhirnya membuat sebuah "kehaluan" di benak para penonton.. yang imbasnya penonton jadi bucin sama mereka berdua. Bahkan ada yang berharap mereka bisa seperti Song-Song Couple (DOTS) yang merid setelah main drama bareng (tapi jangan sampai cerai yaaa.. kita doakan bersama selamanya)


3️⃣ The Power of Second Lead Couple! Nah iniii nih.. tak hanya couple utama aja yang seru buat dishipperin, bahkan banyak penonton yang lebih tertarik dengan chemistry Alberto & Seo Dan di drama ini. Kisah cinta second lead couple ini juga tak kalah bikin baper. Berawal dari agak musuhan gitu, lalu jadi teman, akhirnya jadi kekasih. Endingnya AMBYAARRR pula! Sengaja ngga gw ceritain tentang pasangan ini.. takut spoiler!


4️⃣ The Power of Background Location! Syuting drama ini dilakukan di 3 negara yaitu Korea Selatan, Switzerland dan Mongolia. Mata penonton dimanjakan banget oleh indahnya pemandangan di Swiss.. serius indah banget 😍 Dan karena latar belakang drama ini adalah Korea Utara, drama ini banyak melakukan syuting di daerah pedesaan dan lokasi-lokasi yang jauh dari Seoul supaya bisa menggambarkan kondisi di Korea Utara dengan baik.

5️⃣ The Power of Solid Script! Drama CLOY ini ditulis oleh penulis yang sama dari drama "My Love From The Star" dan "Legend Of The Blue Sea" yang hits dan populer banget. Dan nyadar ngga gais klo penulis ini suka banget bikin cerita kisah cinta dari 2 dunia yang berbeda.. ada alien.. ada putri duyung.. kali ini writernim bikin kisah cinta antara 2 insan dari negara yang sedang berselisih. Jadi bisa dikira-kira sendiri ya sebagus apa jalan cerita drama CLOY. Romance-nya baper.. komedinya ngena.. action-nya juga nampol.. ditambah kisah persahabatan & intrik keluarga bikin drama ini paket komplit, penonton dibuat kayak roller coaster.. bentar bentar nangis bentar bentar ketawa.


6️⃣ The Power of Supporting Cast Chemistry! Apalah arti sebuah drama tanpa supporting role yang menghibur? Ada anak buah Kapten Ri dan geng ahjumma rumpi no secret yang selalu bikin tiap episode makin seru buat ditonton, kadang bikin ngakak.. kadang bikin terharu. Tak lupa karakter mama Seo Dan yang menurut gw iconic banget.. selalu bikin ngakak 😂 Tak hanya mereka, villain alias penjahatnya juga bikin gregetan pengen nampol.


7️⃣ Penggambaran Korea Utara yang hampir sama dengan aslinya! Jadi gaiss.. ada seorang youtuber bernama Kang Nara (dia adalah mantan penduduk Korut yang sekarang tinggal di Korsel) menilai bahwa penggambaran Korea Utara di drama ini adalah 60% mendekati aslinya. Mulai dari rumah-rumah penduduknya, seragam tentara yang dipakai, bahkan detil-detil kecil juga sangat diperhatikan, contohnya :
- ada adegan Kapten Ri mengikat rambut Se Ri menggunakan sapu tangan, jadi ternyata di Korut itu, wanita yang rambutnya terurai dianggap tidak sopan dan dianggap sebagai tanda kapitalisme


- meja makan di rumah penduduk berupa lesehan (tidak pakai kursi)
- rumah orang kaya di Korut gordin-nya pake renda
- di Korut banyak yang ga punya kulkas karena listriknya sering padam, jadi mereka punya tempat penyimpanan makanan kayak gua kecil di tanah
- para penduduk Korut juga berbicara dengan dialek Korut.. squad tentara anak buah Kapten Ri juga terlihat menyerupai tentara Korut, terutama Pyo Chi Su 😂
Namun ada juga yang tidak sesuai dengan budaya di Korut, contohnya adalah fashion yang digunakan oleh karakter Seo Dan. Seo Dan pernah terlihat menggunakan sepatu boots padahal sebenarnya sepatu boots itu dilarang di Korut.
Dan satu lagi yang bikin ngga real menurut youtuber Kang Nara adalah di Korut ngga ada tentara seganteng Kapten Ri 😂😅


8️⃣ Powerful CAMEO! Ada banyak cameo di drama ini.. ada aktor Park Sung Woong jadi supir taksi, ada Jung Kyung Ho jadi pria yang melakukan blind date sama Se Ri dan cameo lainnya. Tapi yang paling berkesan adalah cameo dari aktor populer Kim Soo Hyun. Walau hanya cameo, tapi kemunculannya di drama CLOY ini sungguh epic pasalnya dia berperan sebagai tentara korut yang menjadi mata-mata di Korsel sama dengan karakter yang pernah ia perankan di film "Secretly Greatly". Ada juga cameo dari aktris senior Choi Ji Woo yang kehadirannya sangat dinantikan.

9️⃣ Beautiful OST! Banyak OST yg syahdu.. bisa cek di youtube yah 😉 ada IU juga yang nyanyi OST

🔟 Outstanding Character! Menurut gw,  main lead dan second lead, semua punya kekuatan masing-masing dalam karakternya. Bahkan karakter pendukung pun diciptakan dengan sangat apik oleh writernim.


Son Ye Jin, sang ratu melodrama, gilakkk akting nangisnya bikin yang nonton ambyarrr berkeping-keping. Gw suka karakter yang dia perankan adalah sosok wanita cerdas. Dalam keadaan bahaya, ia tahu harus berbuat apa. Dia memang terkadang over pede & terlalu optimis ya.. tapi itulah sisi charming seorang Yoon Se Ri. Dan btw, she's so beautiful. Bahkan saat syuting dengan setting Korea Utara, dia pake make up yang sangat minimalis tapi tetap aja kliatan cantik. Saat nangis pun dia masih terlihat cantik.


Lalu karakter Kapten Ri. Menurut gw ini adalah karakter terbaik yang pernah diperankan oleh Hyun Bin. Dia harus body building dulu sebelum syuting biar tubuhnya  cocok sebagai seorang tentara. Dia juga harus membiasakan bicara dengan aksen Korea Utara. Dan karakter Kapten Ri ini bikin standar oppa korea dambaan wanita jadi makin tinggi lagi karena bucinnya kepada wanita yang ia cintai is on another level 😍😍😍

Rela mati lho dia demi Se Ri.
Mengkhianati negaranya sendiri demi wanita yang ia cintai.
Rela merangkak di dalam goa yang ukurannya cuma muat 1 orang sepanjang puluhan kilometer selama lebih dari 24 jam hanya demi bisa ke Korsel untuk menemui Se Ri.
Selalu berkata "aku baik baik saja" yang penting Se Ri selamat & bahagia.
Tak pernah mengungkap apa saja perjuangan yang telah ia lalui demi Se Ri.



Tak hanya bucin pada kekasihnya doank yg patut dipuji, karakter Kapten Ri ini juga figur anak yang baik.. dia rela menjadi tentara demi ayahnya & demi mengungkap kematian sang kakak, padahal passion dia yang sebenarnya adalah bermain piano. Dia patuh dijodohkan sama Seo Dan demi martabat keluarga walaupun dia ngga cinta (tapi untungnya dia mengakhiri perjodohan itu dengan baik setelah ia mengenal apa itu cinta)

Selain itu, Kapten Ri juga seorang pemimpin yang baik. Selalu berusaha melindungi anak buahnya dan menjaga kekompakan mereka.

Aku suka akting Hyun Bin disini karena ekspresinya benar-benar menunjukkan sosok pria yang dependable & kuat walau hati ambyarr. Facial expression-nya tu pas & ngga lebay. Bikin hati ademmm pokoknya.

Duh Gustiiii.. apa ada cowok beginian eksis di dunia nyata??!!!

--------------- 💖 ---------------

OVERALL.. kalo kamu suka drama genre komedi-romantis, maka drama ini worth to watch banget! Kalo disuruh nyebutin adegan terfavorit gw di drama ini... Hmmm.. BANYAK!!! 😁😁😁 Pokoknya kamu pasti akan syuka sama drama ini. Bucin berat.

Gw yakin 10 tahun lagi, generasi pecinta drakor akan mengenang drama ini layaknya generasi kita sekarang  mengenang drama Full House atau drama lain yang iconic di jamannya.

Karena ngga bisa menikah di dunia drama (terhalang restu kedua negara) mari bersama-sama kita doain Ri Ri Couple menikah di dunia nyata. AAMIIN !!!!!

baca review drama korea lainnya disini

No comments