Iklan

REVIEW DRAMA KOREA : ROMANTIC DOCTOR TEACHER KIM (Season 1)


"Romantic Doctor Teacher Kim" atau judul lainnya "Dr. Romantic" adalah drama bertema medis yang tayang di SBS tiap hari Senin-Selasa mulai 7 November 2016 hingga 16 Januari 2017. Drama ini terdiri dari 20 episode ditambah 1 episode spesial.

Dibintangi oleh aktor senior Han Suk Kyu sebagai Teacher Kim (Kim Sabu) serta Yoo Yeon Seok dan Seo Hyun Jin, drama ini meraih popularitas yang sangat bagus, terbukti dengan perolehan rating penonton yang sangat tinggi yaitu diatas 27,6% (data AGB Nielsen untuk skala nasional)

Karena kesuksesan tersebut, SBS memutuskan untuk membuat season 2 dari drama ini yang tayang mulai 6 Januari 2020.

SINOPSIS



Drama ini menceritakan seorang dokter bedah jenius bernama Bu Yong Ju (diperankan Han Suk Kyu) yang pernah menjadi dokter bedah paling disegani dan bekerja di rumah sakit terbaik di Seoul. Setelah mengalami sebuah insiden yang membuat trauma, ia menghilang dan mengganti namanya menjadi Kim Sabu. Ia lalu bekerja di sebuah rumah sakit kecil di daerah pinggiran bernama Doldam Hospital.

Kang Dong Ju (diperankan Yoo Yeon Seok) adalah seorang dokter muda yang berhasil lulus dari sekolah kedokteran dengan nilai tertinggi. Ia bekerja di rumah sakit terbaik di Seoul. Namun karena sebuah insiden, ia terpaksa harus bekerja di Doldam Hospital. Ia jatuh cinta pada dokter Yun Seo Jeong.

Yun Seo Jeong (Seo Hyun Jin) adalah dokter wanita yang juga sangat kompeten di bidangnya. Setelah mengalami kecelakaan yang membuat kekasihnya meninggal dunia, ia menghilang dan  diselamatkan oleh Kim Sabu. Ia lalu bekerja di Doldam Hospital.

Di Doldam Hospital, Kim Sabu membimbing dokter Kang Dong Ju dan Yun Seo Jeong untuk menjadi dokter yang lebih baik lagi dengan mengajarkan mereka untuk berjuang melawan uang dan kekuasaan demi menyelamatkan nyawa pasien.

MY REVIEW

Yak, drama ini sebenarnya udah rada lawas, tapi berhubung season 2 nya baru aja dirilis, akhirnya gw tonton ulang dan gw tulis review ini sebagai referensi bagi kalian yang pengen nonton season 2 tapi belum nonton season 1.

Menurut gw, ini adalah salah satu drama bertema medis yang paling seru buat ditonton. Kenapa? Karena :

contoh nasehat Kim Sabu yg selalu ada benernya

➡️ Karakter Kim Sabu adalah tokoh yang sangat iconic. Dia adalah dokter yang jenius. Bagi orang yang belum mengenalnya, sikapnya bisa bikin darah tinggi. Tapi setelah mengenalnya, orang akan respect dan menyayanginya bagai anak kepada bapak. Karena sudah banyak makan asam garam kehidupan, dia selalu punya nasehat yang bisa membekas dalam hati.

➡️ Karena ini adalah drama bertema medis, adegan interaksi antara dokter dan pasien yang terjadi di rumah sakit terasa begitu real. Adegan operasi juga keliatan nyata banget, kayak beneran. Seru melihat peristiwa-peristiwa hectic yang terjadi di sebuah IGD rumah sakit dan berbagai usaha yang dilakukan oleh dokter untuk menyelamatkan nyawa pasien gawat darurat.


➡️ Chemistry di drama ini bagus banget. Tak hanya chemistry romantis antara dokter Kang Dong Ju dengan Yun Seo Jeong saja, tapi chemistry antara Kim Sabu dengan semua anggota tim rumah sakit Doldam juga bikin baper. Kekompakan dan rasa kekeluargaan mereka manis banget. Oiya, walau ga jadi pasangan kekasih, tapi chemistry antara Yun Seo Jeong & Do In Beom (diperankan Yang Se Jong) juga bikin netizen baper.. akhirnya mereka berdua dipasangkan di drama lain yaitu "Temperature Love"

➡️ Alur cerita dan plot-nya menarik. Nonton 20 episode ngga terasa lama. Episode 1 aja udah intense banget. Dan gw kaget donk.. episode 1 aja udah ada adegan ciuman.. hehehe.. Yoo Yeon Seok cool banget 😍



Nah, jadi gimana.. kalau mau nonton season 2 tanpa harus nonton season 1, bisa ngikutin nggak? ceritanya nyambung nggak?

Kalo menurut pendapat gw nih.. ceritanya memang nyambung, tapi seandainya ngga nonton season 1 kamu masih bisa ngikutin season 2 tanpa bingung.

Direktur Do vs Kim Sabu

Yang bikin nyambung antara season 1 dan season 2 adalah karakter Kim Sabu dan musuhnya masih tetap sama, tapi tokoh utama lainnya udah beda dan dengan jalan cerita yang berbeda pula.

Tapi kalo kamu nonton season 1 dulu bakalan lebih greget dan feel-nya bakalan lebih dapet karena di season 1 diceritakan latar belakang dan masa lalu Kim Sabu dan Doldam Hospital.


Kesimpulannya, ini adalah salah satu drama medis terbaik menurut gw. Salut sama akting pemainnya karena dialog mereka banyak menggunakan istilah-istilah medis yang susyahh. Nonton drama ini jadi bikin gw paham bahwa tidak semua doktor itu pinter dan menguasai bidangnya 😅 Ada dokter yang bekerja dari hati dan ada yang bekerja demi uang.

No comments