Iklan

REVIEW DRAMA KOREA : STOVE LEAGUE


Drama "Stove League" adalah salah satu drama dengan perolehan rating tertinggi di stasiun tv nasional di tahun 2020. Mendapat rating hanya sebesar 3,3% di penayangan episode pertama, drama ini meraih sukses dengan rating sebesar 19,1% di episode terakhir.

Drama yang mengusung tema olahraga ini dibintangi oleh Namgoong Min dan Park Eun-bin. Diangkat dari naskah yang ditulis oleh Lee Shin Hwa yang merupakan salah satu pemenang MBC Drama Screenplay Contest tahun 2016.



Produksi drama ini mendapat dukungan dari tim baseball profesional Korea Selatan yaitu SK Wyverns berupa pemberian ijin untuk menggunakan Munhak Baseball Stadium sebagai lokasi syuting drama.

Drama ini ditayangkan di SBS TV setiap Jumat dan Sabtu pukul 22:00 mulai 13 Desember 2019 hingga 14 Februari 2020.

SINOPSIS



Baek Seung Soo (diperankan Namgoong Min) ditunjuk sebagai manajer umum di sebuah tim baseball profesional bernama DREAMS. Tim ini terus mengalami kekalahan di musim terakhir dan terancam akan dibubarkan.

Baek Seung Soo yang memiliki kepribadian yang kurang menyenangkan melakukan berbagai perombakan besar dalam tubuh DREAMS karena ia bertekad untuk membawa tim ini menuju kemenangan di pertandingan musim berikutnya. Ini adalah tugas yang berat dan usahanya tidak mulus, tapi dengan kemampuan manajerialnya yang bagus, ia mampu memberikan harapan baik untuk DREAMS.

MY REVIEW

Ingat! Drama ini temanya olahraga yaaaa.. jadi jangan mengharapkan ada adegan bucin! Tapi baru kali ini gw nonton drama NO ROMANCE yang bisa bikin baper.. geregetan.. dan jadi ikutan bersemangat!

Yang gw suka dari drama korea adalah tema-tema yang diangkat tu macem-macem.. ada tema hukum, medis, pendidikan, dll dan kali ini adalah tema olahraga. Jadi kita sebagai penonton dibantu untuk menjadi lebih pintar, yang sebelumnya ngga tau jadi tau. Yang sebelumnya memandang remeh sebuah profesi, jadi lebih menghargai sebuah profesi.

Sama dengan saat nonton drama Stove League ini. Gw yang notabene ga begitu suka olahraga, jadi tahu bahwa dibalik sebuah pertandingan, ternyata banyak banget tetek bengek nya 🤓 Mulai dari pertukaran pemain, mempersiapkan tim yang solid, strategi lapangan, negosiasi gaji, pemain bayaran... gw bener-bener banyak belajar dari drama ini.

And let me tell you something..
menurut gw drama ini luar biasa banget karena ini adalah drama tentang olahraga, no romance at all, sebuah tema yang jarang diangkat dan biasanya sulit untuk populer, tapi nyatanya Stove League berhasil meraih rating dari yang semula 3% menjadi 19%. Kata apalagi coba yang pantas diucapkan selain daebakk?

Nah ini hal-hal yang gw suka dari Stove League yaitu :


🥎 Tentu saja nomor satu adalah akting ciamik dari seorang Namgoong Min! Disini diceritakan bahwa karakter yang diperankan oleh Namgoong Min adalah seorang manajer yang idealis, bertangan dingin, punya skill manajerial yang bagus, berani membuat keputusan yang high risk tapi karena itu semua, dia justru dibenci oleh banyak orang. Dan aktingnya Namgoong Min superb banget 👍 Dengan muka lempeng dan kata-kata nyebelin (yang sebenernya ada benernya juga) he really nailed it. Kayaknya ga ada aktor lain yang cocok memerankan karakter Baek Seung Soo kecuali Namgoong Min.


🥎 Setiap karakter atlit baseball punya cerita & kisah sendiri-sendiri. Dan cerita-cerita inilah yang bikin drama ini lebih menarik. Gw juga suka melihat kekompakan staff tim DREAMS.

🥎 Plotnya rapi dan solid. Setiap sebuah konflik terselesaikan maka akan muncul konflik lainnya yang lebih menantang. Paling seru menurutku konflik saat tim baseball mau dibubarkan.. emosional banget!


🥎 Klo bromance kan udah biasa! Di drama ini gw suka dengan bronemies-nya... bro tapi enemies 😅 antara karakter Baek Seung Soo dengan CEO Kwon Kyung Min.  Dari awal, hubungan mereka tu bikin geregetan & emosi, tapi gw suka endingnya mereka bahkan jadi lebih dekat layaknya saudara.

🥎 Gw juga respek sama drama ini karena ada satu karakter difabel yang memiliki peran penting dalam drama. Drama ini menunjukkan bahwa penyandang disabilitas juga berhak untuk diberikan ruang dalam kehidupan berorganisasi dan mendapat kesempatan yang sama dalam segala bidang.


🥎 Suka banget dengan cameo dari Lee Je Hoon. Dia berperan sebagai CEO perusahaan yang akan membeli tim baseball DREAMS. Karakternya tak kalah "unik" dengan karakter yang diperankan oleh Namgoong Min. Songong-songong gimanaaa gitu. Gw jadi berharap next Lee Je Hoon maen drama jadi CEO songong 🤓

🥎 Endingnya.. duuhhh bikin baper! Padahal ini bukan drama romance.. tapi endingnya benar-benar menyentuh dan bikin gw jadi bersemangat. Terutama saat tim DREAMS berjalan menuju lapangan untuk bertanding. Gw cuma penonton tapi anehnya gw ikutan merasa bangga! Dari drama ini, gw belajar bahwa jika kita berusaha dengan sebaik-baiknya maka "nothing is impossible"! Oiya, di ending ada ada adegan Namgoong Min menahan tangis.. priceless banget 😭



Jujur aja, gw sebenernya mengharapkan ada lebih banyak adegan pertandingan..terutama pertandingan di akhir drama. Soalnya kan pengen liat kayak gimana keseruan para pemain setelah melewati berbagai aral melintang, pengen liat adegan DREAMS jadi juara. Tapi seperti yang udah gw tulis diatas bahwa drama ini lebih bercerita tentang segala sesuatu dibalik layar sebuah klub baseball.. bagaimana seorang manajer mengatur sebuah klub agar bisa menjadi pemenang.

Banyak juga yang kecewa kenapa Baek Seung Soo ga dipertahankan di DREAMS trus malah kerja di klub olahraga lain. Kalo gw, justru gw malah suka dengan ending ini karena ibarat anak-anak, sekarang DREAMS sudah bisa jalan sendiri tanpa Baek Seung Soo. Dan Baek Seung Soo akan kembali menggunakan tangan dinginnya untuk membangun tim olahraga lain. Makanya ada spekulasi untuk season ke-2! Semoga!!!


Buat yang suka olahraga, harus nonton drama ini. Buat yang ga suka olahraga, gw juga rekomendasiin drama ini untuk nambah pengetahuan kita tentang dunia olahraga.

Awalnya gw berpikir yang membuat drama ini punya rating tinggi adalah karena di Korsel olahraga baseball adalah salah satu olahraga yang banyak diminati dan masih jarang ada drama yang mengangkat tema olahraga. Tapi setelah nonton sampai tamat, drama ini ceritanya memang seru kok.. lain daripada yang lain.

Baca review drama korea lainnya disini

No comments